Membuat XML dan HTML Sitemap pada WordPress

Jika kamu seorang webmaster dan tahu sedikit mengenai SEO, maka kamu harus tahu bahwa memiliki sitemap pada website bisa sangat membantu. Ada dua jenis sitemap yang dapat kamu buat. Pertama adalah sitemap XML dan kemudian ada sitemap HTML. Pada artikel ini saya akan berbagi plugin WordPress yang kamu butuhkan untuk membuat sitemap XML dan sitemap HTML.

Sitemap membantu bots menemukan setiap halaman di situs kamu. Sitemap adalah halaman yang berisi semua URL dalam situs kamu. Ada pro dan kontra untuk memiliki kedua jenis sitemap. Alasan mengapa kamu harus memiliki Sitemap XML adalah agar bots tahu persis apa yang harus dikunjungi atau dengan kata lain sitemap XML lebih Bots Friendly. Alasan mengapa HTML Sitemap penting adalah karena User Friendly dibanding sitemap XML.

Untuk mempunyai XML Sitemap seperti pada sitemap blog ini, yang perlu kamu lakukan hanya mendownload plugin Google XML Sitemaps.

Sedangkan untuk HTML Sitemap, kamu harus mendownload plugin Dagon Design Sitemap Generator.

Kedua plugin tersebut sudah terpercaya dan digunakan oleh banyak blogger. Jika kamu memiliki masalah dengan plugin ini, maka jangan ragu untuk posting di komentar.

0 thoughts on “Membuat XML dan HTML Sitemap pada WordPress”

Leave a Reply