Instalasi WordPress Child Theme

Banyak sekali Frameworks theme untuk WordPress. Seperti Genesis, Hybrid, Thesis dan lainnya. Frameworks (Parent Theme) adalah rangka sebuah theme wordpress yang biasanya terlihat simple dan standar. Lalu apa itu Child Theme? Merupakan ‘skin’ untuk mempercantik Parent Theme yang akan digunakan. Child memiliki fungsi-fungsi yang sama dengan Parent Theme. Biasanya seorang developer yang ingin merubah tampilan Parent Theme nya melalui Child Theme ini.

Instalasi WordPress Child Theme

Instalasi Child Theme sama hal nya dengan instalasi Theme biasa. Namun perbedaanya kamu harus mempunyai Parent Theme nya terlebih dahulu sebelum menginstall Child Theme. Karena Child Theme tidak akan berfungsi tanpa Parent Theme.

Mengupload Parent Theme dan Child Theme

Dalam artikel ini saya menggunakan Genesis Frameworks sebagai Parent Theme nya. Silahkan upload Parent Theme melalui Appearance » Themes » Install Themes.

Jangan mengaktifkan Parent Theme (walau sebenarnya bisa). Tapi karena kita akan menggunakan Child Theme, yang kita aktifkan Child Theme nya.

Setelah Parent Theme terupload. Selanjutnya kita upload Child Theme dengan langkah yang sama seperti diatas. Menuju Appearance » Themes » Install Themes.

Setelah Child Theme terupload silahkan aktifkan Child Theme.

Instalasi Child Theme diatas juga berlaku pada Frameworks selain Genesis. Seperti Thesis, Hybrid dan lainnya.

Leave a Reply