Apa Itu 301 Redirect?

Menggunakan 301 Redirect bisa menjadi keputusan yang terbaik jika kamu mempunyai sebuah domain / situs / blog baru. Pertimbangkan artikel ini untuk mengetahui apa itu 301 redirect dan bagaimana menggunakannya?

301 adalah jenis redirect dimana dapat digunakan disebuah blog lama dan mengarahkan trafik yang datang dari blog menuju URL yang sudah ditentukan / blog baru, itulah redirect. Untuk melakukan ini adalah hal yang mudah. Namun, apa tujuan kamu melakukan 301 redirect?

Katakanlah misalnya kamu membuat situs / blog baru. Kamu menginginkan trafik dari blog lama kamu diarahkan menuju blog baru kamu. Bukan hanya trafik yang kita arahkan, tapi juga Link Juice dari domain lama diarahkan pada domain baru. Link Juice?

Link Juice adalah Backlink yang diberikan oleh blog lain kepada sebuah artikel di blog kita yang membuat artikel tersebut mendapat rangking 1 di Search Result sebuah Search Engine. Tentu kita tidak ingin kehilangan posisi SERP tinggi menjadi hancur sia-sia karena penggantian sebuah domain pada situs itu. Inilah alasan melakukan 301 Redirect.

Untuk menjawab pertanyaan spesifik apa itu 301 redirect, adalah permanen redirect yang melakukan semua pengalihan dari domain yang lama ke domain baru, bahkan Backlink dari domain lama otomatis diarahkan pada domain baru. Berbeda dengan 307 Redirect, ini hanya mengalihkan dalam sementara waktu.

Jadi, 301 lebih baik digunakan jika kamu benar-benar ingin mengganti nama domain atau mengalihkan seluruh akses dari situs lama ke situs yang baru. 301 juga mengarahkan Backlink ke domain baru secara otomatis. Sedangkan 307, berguna jika situs / blog kamu sedang mengalami Maintenance, maka trafik diarahkan terlebih dahulu pada sebuah halaman sampai proses Maintenance selesai.

0 thoughts on “Apa Itu 301 Redirect?”

  1. apa ini juga yang dipake ketika kita mau ganti / beli domain TLD? gan.
    soalnya ribet juga jika harus ganti semua URL Link dalam artikel kita kan? πŸ™‚

Leave a Reply