4 Hal Penting Ketika Memilih Tema Blog

Banyak blog yang memiliki konten yang berkualitas dan memberikan nilai lebih untuk pembacanya. Tapi, terkadang blog-blog itu salah dalam memilih desain blog atau theme. Mungkin karena pemilik blog terlalu sibuk menulis konten yang bagus hingga lupa untuk mendesain blog nya. Memang, konten adalah sesuatu yang penting dari sebuah blog, tapi kamu jangan sampai melupakan desain blog, itu juga penting untuk membuat pembaca merasa betah dengan desain yang rapi dan baik. Kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak uang hanya sekedar untuk mendesain blog, itu hanya membuang-buang uang saja.

1. Warna Itu Penting

Pernah membaca sebuah majalah? Mungkin kamu juga pernah membaca majalah dengan background gelap dengan tulisan berwarna putih. Sedikit mengganggu bukan? Begitu juga dengan blog, terapkan warna yang mudah dan nyaman di baca. Jangan hanya memikirkan warna yang terlihat keren. Kenyamanan membaca itu penting dan bergantung kepada kombinasi warna antara huruf, link, dan background blog kita. Berikan warna cerah untuk background dan gelap untuk teks.

2. Lebih Simpel, Lebih Baik

Membuat pembaca agar fokus kepada konten yang kita buat adalah harapan semua blogger. Jadi, jangan menggunakan terlalu banyak widget dalam blog yang membuat si pembaca tidak fokus pada apa yang kamu harapkan. Berikan tema yang simpel dalam desain dan tidak terlalu banyak aksesori yang dipasang.

3. Jadilah Berbeda

Pernah melihat tema default yang di gunakan platform WordPress yaitu TwentyTen? Membosankan bukan? Sebuah blog yang hanya menggunakan tema default dari platformnya mencerminkan pemilik blog tidak peduli dengan tampilan blognya. Tidak mempunyai usaha untuk membuat blognya berbeda dengan blog lainnya. Banyak sekali tema gratis yang siap di download dan di gunakan. Jika kamu serius menggeluti dunia blogging, gunakan tema berbayar, itu akan membuat blog kamu lebih profesional. Biasanya tema berbayar mendapatkan dukungan untuk customize dan fitur yang lumayan lengkap.

4. Lihat Blog Lain

Cobalah mengunjungi beberapa blog yang sudah kamu ketahui. Perhatikan temanya, fitur apa yang kamu sukai dan kamu tidak sukai? Ini merupakan analisa untuk menggabungkan beberapa fitur yang berguna dan menerapkannya pada tema blog kamu. Jika perlu, kunjungi blog yang di buat oleh para blogger sukses untuk menganalisanya.

Menjadi berbeda, unik itu memang gampang-gampang susah, tapi jika kamu berhasil melakukannya pada blog kamu pengunjung akan mengingat ciri khas yang di punyai blog kamu, terutama dalam segi tema. Itu adalah beberapa dari banyak faktor pemilihan tema. Jika kamu ingin menambahkan silahkan posting di komentar atau hubungi saya.

0 thoughts on “4 Hal Penting Ketika Memilih Tema Blog”

Leave a Reply