Kesalahan Blogger Pemula

Kebanyakan blogger yang baru saja terjun ke dunia blogging adalah langsung membuat beberapa blog, semangat menggebu pada bulan pertama untuk mengisi banyak sekali artikel setiap harinya. Tapi, semua itu tidak berlangsung lama, bulan-bulan berikutnya blogger seperti itu mulai menurun semangatnya dan menyerah untuk membangun blog. Selain kesalahan seperti itu, ada beberapa kesalahan lain yang patut diperhatikan dan jangan sampai mengulang kesalahan yang sama.

Tidak Update Blog Secara Teratur

Ini merupakan hal penting untuk seorang blogger yang harus dilakukan pada blognya. Bayangkan jika ada seorang pengunjung yang melihat konten blog kamu tidak berubah alias tidak ada konten baru. Mereka pasti jenuh dan bosan.

Sebaiknya, buat jadwal kapan kamu harus membuat artikel terbaru, belajar menjadi blogger yang disiplin.

Tidak Menjadi Diri Sendiri

Selama hampir 1 tahun saya ngeblog, banyak sekali blogger yang ‘berakting’ dan tidak menjadi dirinya sendiri. Dari gaya tulisannya pun bisa terlihat.

Pembaca bisa membedakan mana tulisan hasil kamu dan mana tulisan hasil keterpaksaan. Pembaca juga akan menemukan ciri khas jika kamu menggunakan bahasa sendiri. Berikan suatu yang unik dari blog kamu.

Memperluas Jaringan

Jangan berpikir egois dan individualis dalam dunia blogosphere. Blogger itu makhluk sosial, karena blogger juga manusia. Makanya, kita harus menjalin hubungan dengan blogger-blogger lain yang lebih berpengalaman untuk memperluas jaringan blog kita. Semakin banyak blogger yang kita kenal, semakin mudah kita mendapat rekomendasi dari blogger itu dan mendapat banyak visitor.

Menulis, dan Visitor Akan Datang

Ini sebenarnya salah, kenapa saya berani menyatakan bahwa ini adalah pernyataan yang salah? Karena untuk mendapatkan trafik itu harus ada sedikit promosi, punya artikel bagus tapi tidak dipromosikan? sayang sekali bukan? Selain promosi, belajar SEO juga hal penting dalam menarik banyak visitor.

Plagiat

Ini nih, aktifitas yang biasanya dilakukan oleh blogger pemula. Ini tidak akan membuat blog kamu jadi lebih baik, malahan kamu tidak akan pernah dihargai dari aktifitas Copy-Paste.

Hanya Uang yang Dipikirkan

Jangan langsung berpikir untuk memonetize blog jika belum memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk pembaca blog kamu. Mendapatkan uang dari blog itu harus ada rasa suka dan tidak terpaksa dengan niche yang kamu tulis di blog, kalau kamu seorang ahli di bidang programming, berikan ilmu yang bermanfaat bagi pembaca mengenai programming. Jika blog kamu sudah memiliki ‘nilai’, silahkan dimonetize.

Leave a Reply