5 Tips untuk Menjaga Blog Selalu Terupdate

Siapa sih yang tidak mau kalau blognya di baca banyak orang? Kebanggan tersendiri bagi pemilik blog tersebut. Kita merasa apa yang sudah kita tulis, usaha kita, pengorbanan kita terutama waktu itu tidak sia-sia. Berbeda jika blog kita sepi, kita merasa gagal menjadi blogger, mungkin bisa dari konten yang kita berikan kurang bermanfaat & informatif atau bisa juga karena kita malas mengupdate blog kita itu. Memang, dengan terupdatenya blog kita, membuat pembaca selalu mendapatkan sesuatu yang baru dari blog kita, tidak bosan membaca dan menunggu kapan sebuah konten terbaru dipublish. Berikut adalah cara yang sudah biasa saya lakukan untuk terus mengupdate blog ini, silahkan di baca.

Jadwal

Cara yang terbaik agar blog kamu terupdate adalah menyisihkan waktu untuk duduk dan ‘bekerja’ pada blog kamu. Membuat jadwal dan perencanaan waktu memungkinkan kamu selalu bisa mengupdate blog tanpa ‘kepepet’.

Mengkompilasi informasi

Terus mencari sesuatu untuk ditulis di blog yang berhubungan dengan niche tidak mudah. Kadang kita malah kehabisan topik untuk ditulis. Bagaimana mengatasinya? Mudah, bisa mencari inspirasi di internet, membaca buku-buku yang setopik dengan blog kita dan masih banyak lagi. Bahkan, dunia offline tidak jarang memberi kita inspirasi untuk ditulis.

Menguasai topik

Ini adalah cara lain selain yang dituliskan pada bagian Mengkompilasi Informasi diatas. Dengan menguasai suatu topik kita tidak akan pernah kehabisan sesuatu untuk ditulis mengenai topik tersebut, malah kita akan memiliki sudut pandang berbeda dalam membahas topik itu.

Anggap blog sebagai pekerjaan

Kalau kamu berfikir blog adalah sebuah kewajiban yang harus kamu lakukan setiap hari dan bukan sebagai hobi, menganggap bahwa ngeblog adalah hal yang serius, kamu akan selalu berusaha mengupdatenya.

Menyewa seorang penulis

Langkah terakhir kalau kamu memang benar-benar malas untuk menulis di blog. Seorang penulis sewaan biasanya dilakukan oleh situs-situs berita besar, bahkan situs-situs tersebut mempekerjakan mereka. Kamu juga bisa menyewa mereka untuk selalu memberikan kontribusi di blog kamu dan tujuannya agar menjaga blog kamu selalu terupdate.

0 thoughts on “5 Tips untuk Menjaga Blog Selalu Terupdate”

Leave a Reply