Merubah Font Blog WordPress.com dengan TypeKit

Mengapa harus merubah jenis font pada blog? Banyak sekali alasan mengenai hal ini, tapi yang paling utama adalah agar blog terlihat berbeda dari blog lainnya. Selain itu juga banyak blogger mengatakan agar blognya mudah dibaca, menarik untuk dibaca, tentu dengan pemilihan jenis font yang tepat. Lalu, bagaimana merubah font blog WordPress.com menggunakan TypeKit?

WordPress.com memang menyediakan Custom Design Upgrade seharga $30.00. Kemudahan mengganti-ganti font dengan sangat mudah with no coding required menjadikan blogger yang tidak mau ribet lebih memilih fitur ini.

Namun, tidak semua blogger bisa membeli Upgrade ini karena beberapa hal seperti Menggunakan Credit Card / Paypal yang tidak semua orang miliki.

Tidak ada salahnya mencoba TypeKit, bukan?

Fitur yang satu ini bisa kamu gunakan dengan gratis, walau sebenarnya versi berbayarnya pun ada. Kamu tinggal memilih font pada situs TypeKit, lalu mempublikasikannya, tidak lupa memasukkan TypeKit ID pada blog WordPress.com tepatnya pada bagian Appearance > Custom Design > Font.

Tapi, banyak yang mengatakan langkah seperti ini tidak berfungsi? Inilah kesalahan yang sering dilakukan pengguna TypeKit, mereka lupa memasukkan format CSS. Coba lihat gambar ini.

Pada bagian TypeKit Editor masukkan bagian font mana saja yang akan dirubah, sepeti h1, h2, h3, li, ul, ol, title dan lainnya.

Format CSS yang saya masukkan pada gambar diatas hasilnya bisa dilihat pada blog ini yang fontnya sudah dirubah menggunakan TypeKit.

CSS Original yang tersedia untuk Twenty Eleven Theme :

Untuk melihat Originals CSS pada theme yang tersedia di WordPress.com silahkan menuju Appearance > Custom Design > CSS > View Original StyleSheet. Untuk lebih jelas lihat gambar ini.

Semoga langkah diatas membantu untuk merubah font pada blog wordpress.com dengan menggunakan typekit. Jika ada yang masih bingung mengenai langkah-langkah diatas silahkan hubungi saya.

0 thoughts on “Merubah Font Blog WordPress.com dengan TypeKit”

Leave a Reply