Meningkatkan Pembaca Blog dengan 10 Langkah Mudah

meningkatkan pembaca blog Suksesnya sebuah blog itu menurut pendapat pribadi saya adalah banyaknya orang yang membaca blog tersebut, kita kembali pada tujuan sebuah blog dibuat yaitu untuk dibaca/dilihat, tulisan sebaik apapun jika tidak ada seorang pun yang membaca akan sia-sia dan membuat blogger merasa gagal dalam membangun blognya.

Nah, sebenarnya untuk membangun blog dengan pembaca yang minimal tetap atau terus meningkat itu mudah, ini beberapa cara yang selama ini saya terapkan pada blog ini untuk tetap ramai disinggahi pengunjung.

Memilih topik yang disukai

Blog, bagi saya sebuah pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas harian. Seperti pekerjaan pada umumnya, jika kita kamu menyukainya pasti semangat-kan untuk terus mengerjakannya? begitu juga dengan blog, dengan menulis hal yang kita sukai dan kuasai membuat kita menulis dengan perasaan senang dan terus menghasilkan tulisan tanpa paksaan.

Menjawab pertanyaan pembaca

Mencoba menebak pikiran pembaca, tentang apa yang masih mereka bingung mengenai tulisan kamu. Ketika kamu mempunyai ide untuk menjawab pertanyaan mereka, cobalah jawab sedetail mungkin agar pembaca puas dengan jawaban kamu. Selain itu, terus berikan pembaca informasi baru, bimbing mereka untuk melakukan sesuatu dan bagikan pengalaman pribadi kamu pada mereka tentu dengan topik yang relevan.

Be Original

Menjadi asli berarti menjadi diri sendiri, tidak meniru blogger lain. Originalitas akan menjadi ciri khas kelak.

Fokus pada tujuan

Atas dasar apa kamu membuat blog? Menjadi ahli di bidang blog? berbagi pengalaman? atau mengajarkan pembaca untuk melakukan sesuatu? Apapun tujuan kamu, tetap fokus dan lanjutkan.

Interaksi

Berikan pembaca kamu kesempatan untuk berinteraksi dengan kamu. Dorong pembaca untuk meninggalkan komentar. Menanggapi komentar pembaca kamu dan memulai percakapan.

Kemudahan untuk berbagi

Menampilkan ikon-ikon social media pada blog kamu untuk memudahkan pembaca membagikan tulisan yang mereka sukai dengan mudah dan cepat. Ini akan mengundang lebih banyak lagi pembaca dari luar sana yang belum mengetahui blog kamu.

Menjadi bagian dari sebuah komunitas

Menjadi blogger berarti menjadi bagian dari komunitas blogger. Bergabung di forum, berkomentar pada blog lain, menjalin pertemanan, dan memberikan tips-tips yang bermanfaat bagi komunitas. Hal ini menjadikan kamu seseorang yang memberikan nilai lebih bagi komunitas tersebut.

Mempertahankan percakapan

Ketika membuat sebuah tulisan, tulislah apa yang kamu katakan, jangan membuat tulisan itu kaku karena susunan kata-kata yang dipaksakan. Berikan nada percakapan seperti layaknya kamu sedang berbicara dengan pembaca kamu.

Konsisten

Semakin konsisten kamu, semakin besar pembaca kamu terus membaca. Karena blogger, harus memiliki sifat konsiten untuk mempertahankan kelangsungan hidup blognya.

Read more to write more

Ya, benar. Dengan banyak yang kamu baca, akan banyak juga inspirasi yang kamu dapatkan untuk kamu tulis. Kamu bisa membaca macam-macam blog, websites, magazine dan buku. Inspirasi ada dimana-mana.

Leave a Reply