WordPress atau Blogger?

WordPress.org dan Blogger.com (Blogspot) adalah 2 situs populer penyedia layanan blog. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing dan beberapa hal itu akan disebutkan dibawah ini. Tulisan ini cocok bagi pemula yang bingung untuk memilih salah satu dari kedua layanan blog ini.

1. Hosting

Blogspot meng-host blog kamu dengan gratis. Kamu juga sebenarnya bisa merubah domain blogspot kamu dengan domain yang telah kamu miliki atau bisa membelinya melalui blogspot. Sedangkan WorPress, memerlukan hosting untuk menjalankannya. Karena WorPress berupa CMS yang perlu di instal di dalam sebuah webhosting.

2. Biaya

Menggunakan blogspot tidak akan dikenakan biaya sepeserpun, gratis. WordPress juga seperti itu, untuk mengkustomisasi blog semuanya gratis, mulai dari Plugin, Theme, Update, dll. yang perlu kamu bayar hanyalah hosting dan domain saja.

3. Fleksibilitas

Dengan WordPress semuanya terasa mudah, mulai dari mengakses database, library, dll. Ini akan membuat blog kamu mudah untuk di kustom. Sedangkan blogspot hanya sebatas menggunakannya saja.

4. Advantage

Untuk pemula, blogspot adalah pilihan terbaik karena kamu bisa langsung menulis setelah membuat akun. Untuk WordPress, akan terasa sulit bagi pemula karena memiliki pengaturan yang sangat kompleks. (plugin, update, script, theme, dll.)

5. Keamanan

Karena Blogger menggunakan hosting yang sudah disediakan, keamanan bisa di pertimbangkan. Namun, kalau kamu pengguna WordPress kamu harus rajin untuk mengupdatenya pada versi terbaru, melakukan cek keamanan, menginstal plugin-plugin keamanan, dll.

Kebanyakan pemula memulai blog akan menggunakan blogspot terlebih dahulu, biasanya hanya untuk mencari pengalaman. Setelah memiliki pengalaman yang cukup biasanya mencoba beralih ke WordPress.

Ini juga terjadi pada saya yang memulai dengan menggunakan blogspot hingga akhirnya beralih menggunakan wordpress. Tapi, ada juga pemula yang langsung menggunakan wordpress. Semua bergantung pada pilihan masing-masing.

Leave a Reply