Mengenal FTP Itu Perlu untuk Pengguna WordPress Pemula

howtouseftpFile Transfer Protocol (FTP) adalah cara cepat dan mudah untuk mentransfer sebuah file dari satu komputer pada komputer lainnya melalui internet. Namun yang akan dibahas disini adalah bagaimana kamu mengirim files dari komputer kepada Web Hosting Server. Pengguna wordpress newbie sebaiknya mengetahui kegunaan FTP ini. Karena sewaktu-waktu bisa menyelesaikan permasalahan WSOD pada dashboard blog wordpress.

Ini juga pernah terjadi pada saya, ketika itu seorang teman meminta dibuatkan theme wordpress untuk blognya. Setelah selesai, langsung saya upload theme tersebut dan damn! Saya langsung menghadapi WSOD pada dashboard blog teman saya itu. Langsung saya hubungi teman saya tersebut untuk meminta username dan password hosting yang dia gunakan, untuk menghapus file theme tersebut, mungkin ada sesuatu yang bermasalah. Tapi parahnya, teman saya malah tidak tahu akses untuk masuk pada hostingnya, akhirnya masalah tersebut pending.

Mengapa mengetahui penggunaan FTP begitu penting?

Ada saat ketika kamu menginstal dan mengaktifkan plugin (sebenarnya bukan plugin saja) melalui dashboard WordPress hanya untuk mengetahui plugin ini kompatibel atau tidak dengan plugin sebelumnya. Ketidakcocokan ini kadang-kadang menyebabkan WSOD (white screen of death) pada dashboard wordpress kamu, sehingga tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain meresolvenya melalui koneksi FTP dan menghapus file ‘pengganggu’ tersebut pada hosting.

Selain plugin, kamu pasti pernah/sering membaca banyak tutorial hacking (merubah/menyisipkan kode) pada beberapa files di wordpress seperti functions.php. Bagaimana kalau kode yang kamu rubah atau sisipkan itu salah atau tidak pada tempatnya? WSOD bisa saja terjadi.

Selain menggunakan FTP, sebenarnya bisa langsung masuk pada hosting blog kamu, tapi itu tidak efisien, melalui FTP akan lebih cepat menurut saya.

0 thoughts on “Mengenal FTP Itu Perlu untuk Pengguna WordPress Pemula”

  1. Halo Adnanomatic..,
    Apa kabar ? mudah-mudahan semua kegiatan berjalan denga OK ya.

    Wah wah kalo kalo ada blogger baru apalagi dengan latar belakang yang jauh dari dunia IT, bisa terkaget-kaget kalo membaca judul postingan diatas lalu salah mengambil kesimpulan he he he 🙂
    Apa lagi yang baru pengen ikutan nge-Blog, bisa-bisa mengurungkan niat karena mengira jadi blogger itu sulit banget.

    Tapi setelah dibaca dan dicari tahu tantang berbagai macam Pengelolaan serta Optimasi Blog, akhirnya sebagian dari kita sadar bahwa cara yang TIDAK Instan yang justru akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan tentunya harus mau sedikit belajar.

    Dari pengalaman blogwalking, artikel-artikel mengenai SEO SERP untuk memaksimalkan tampilan sekaligus mendongkrak page rank seperti gula yang dikerumuni koloni semut. Sayangnya kita lebih bersemangat untuk sekedar Copy Paste lalu berharap dengan instan bisa ikut mendapatkan manfaat yang luar biasa cukup dengan copy paste saja. Nah waktu Copas-an kita ternyata gagal memberikan yang diharapkan dengan indikasi kode/script-nya jadi hancur atau sukses dieksekusi tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan dll… kita malah makin bingung gimana meng-handle kekacauan tersebut, kadang sambil mengumpat dalam hati menyalahkan teman Bloger yang membagikan Tips & Trik tersebut he he.

    Padahal akan lebih baik buat kita kalau apa yang dibagikan teman Blogger yang sudah lebih dulu tahu mengenai Ilmu / Tips & Trik tidak hanya di Copas saja, tapi dijadikan bahan belajar hingga suatu saat kita bisa mengerti apa yang terkandung dari ‘Keindahan Coding’ nah… pada akhirnya kita juga akan mampu membuat ‘Puisi yang Indah’ menggunakan bahasa yang rumit itu. Selain itu kita bisa menghindari kekacauan yang terjadi akibat dari penerapan segala bentuk optimasi yang salah.

    Khususnya tenatang soal FTP, saya yang buta IT malah tertarik ingin mulai ikutan mempelajarinya ( tapi apa saya akan bisa ya? wong yang lebih remeh temeh seputar IT aja belum mudeng … ah biarin aja pokoknya belajar dulu ) so… saya harap Adnanomatic bersedia memberi saya masukan berharga dari mana saya harus memulai atau mungkin ada buku/panduan yang bisa direkomendasikan untuk dibaca & dipelajari oleh pemula.

    [ Maaf nih panjang banget comment-nya ]
    Happy Blogging & Keep Sharing ya.
    TQ

    1. Jujur, saya SANGAT SENANG dengan komen kamu (males baku). Ini komentar terpanjang dalam sejarah ngeblog saya.
      Kalau mau belajar, serius, saya senang membantu. Jadi ada teman belajar, bisa share pengalaman selama ngeblog dan hal-hal berbau IT.
      Kalau boleh jujur selama ini saya juga tidak belajar dari buku-buku, karena harga bukunya yang mahal bagi saya juga ada sesuatu lain. Saya biasanya baca-baca aja di internet, situs/blog lain. Begitu. Tapi untuk belajar lebih baik browsing terlebih dahulu aja, kalau udah bener-bener mentok bisa tanya saya, siapa tahu kan saya bisa membantu. Saya juga masih harus banyak belajar.
      Ada twitter? ngobrol2nya lewat twitter aja. @adnanomatic

Leave a Reply