3 Langkah Komentari Blog Secara Efektif

komentar blog adnanomatic
Blog Commenting

Mengomentari blog merupakan sebuah langkah mudah untuk mendapatkan traffic. Ya, itu sudah sering saya buktikan, setiap saya meninggalkan komentar di beberapa blog, pemilik blog biasanya langsung mengunjungi blog saya untuk saling berbalas komentar.

Pertama, cari blog populer yang memiliki niche sama dengan blog kamu, hal ini dapat dilakukan dengan 2 cara:

1). Gunakan Google untuk mencari Niche blog kamu. Contoh: “Tutorial Blogging”. Seperti biasa, pilih 5 blog teratas atau blog manapun yang kamu pikir populer dan berikan komentar pada blog tersebut.

2). Daftar Google Alerts. Masukkan niche blog dan tentukan kapan sebuah konten akan diupdate. Saya biasanya memilih As-it-Happens agar ketika ada sebuah blog mengupdate tulisannya, saya bisa langsung tahu dan mengomentarinya.

Google Alert juga membantu agar kamu selalu up-to-date dengan niche blog yang kamu pilih. Kamu juga tidak akan ketinggalan informasi mengenai niche tersebut, karena akan mendapatkan konten terbaru dari blog lain.

Kedua, sangatlah lebih baik kalau kamu menulis komentar pada konten yang benar-benar ingin kamu baca. Banyak pengunjung blog ini yang berpikir bahwa mereka dapat dengan mudah “meninggalkan jejak” dan pergi begitu saja, komentar yang mereka berikan benar-benar tidak ada hubungannya dengan tulisan yang ada di blog ini.

Ketiga, kalau kamu berharap ingin mendapatkan tanggapan lebih dari blog yang kamu komentari, sebaiknya isi komentar dengan opini atau saran mengenai tulisan tersebut. Sedikit kritik boleh, tapi kritik membanguna akan lebih baik. Ini membuat, pengunjung dan pemilik blog merasa kalau blog kamu pantas dikunjungi balik. πŸ˜€

Sudahkah kamu berkomentar hari ini?

0 thoughts on “3 Langkah Komentari Blog Secara Efektif”

  1. Langkah kedua yang biasanya kurang diperhatikan para blogger yang sekadar ingin mendapatkan traffic. Saya sendiri bingung menghadapai komentar-komentar yang tidak sesuai dengan isi tulisan, seperti: pertamax, hmmm…, dan kata-kata lainyang jelas-jelas tak ada gunanya.

Leave a Reply