Sahabat Baru: Honda Nova Sonic RS 125

DSC_5059Kalau diingat-ingat lagi mengenai kendaraan bermotor apa saja yang telah menemani gue dari jaman sekolah dulu, ada Suzuki Satria F150, Yamaha Mio First Gen, Mio 2nd Gen, CBR150, Nissan Cefiro yang cantik dan yang terakhir ini yang paling ganteng diantara semuanya. Dia adalah Honda Nova Sonic RS125.

Ya, Honda Sonic. Mungkin generasi muda jaman sekarang tidak begitu akrab dengan nama sakral ini, sebuah produk Honda Thailand yang fenomal ini gue dapatkan dari Kang H yang tinggal di bilangan Pasir Koja, Bandung. Motor ini diangkut dengan ditemani oleh @egieligius dan @denmiftah. Nice condition karena kebetulan pemiliki sebelumnya montir motor cross. So, he know about caring a rare item.

Cerita bagaimana gue bisa sampai mendapatkan barang langka ini berawal ketika gue berpikir mengenai kendaraan apa yang paling pas untuk di pake ke kampus sehari-hari. Awalnya gue pake Bonita, Cefiro gue yang cantik itu. Tapi karena kondisi komplek yang tidak mendukung untuk nyimpen mobil ini yang panjang dan lebarnya kelewat normal yang tiap malam suka ngehalangin mobil Avanza tetangga dan borosnya minta ampun, terpaksa mobil cakep ini dilepas ke seseorang yang tinggal di kawasan Cilaki, Bandung, Owner sebuah Cafe di daerah tersebut. Padahal kenangan drifting bersama Bonita masih melekat sampai sekarang. Mungkin suatu saat, gue akan meminang sebuah A31 lagi.

Setelah terjual dengan terpaksa, gue mulai mencari-cari sebuah motor yang upgradeable dan memiliki fitur-fitur layaknya motorsport. Melihat ke masa-masa gue SMA, motor dengan tangki depan tidak begitu cocok sama gue itu terbukti dari rekor jatuh hingga melebihi 6 kali dalam 2 bulan. Fak man!

Lanjut ke si imut Yamaha Mio, or I loved to call it a missile because it can be fast as shit. Ini upgradeable, memang, banyak part pendukung mulai dari aksesoris gak penting sampai paket bore-up yang bisa gila-gilaan kencengnya. Tapi ada beberapa kekurangan yang membuat gue ogah memakai motor ini, riding position nya kurang sporty. Ergonomis memang tapi terkadang gue membutuhkan sesuatu yang sedikit mirip motornya Dani Pedrosa. Gue selalu menganggap motorsport itu adalah motor yang telah dilengkapi oleh water cooled, tanpa itu masih kategori kurang sport. Maaf kalau statement gue ini salah, tapi itu pendapat pribadi gue.

Lalu si kacang goreng Suzuki Satria F150. Mesin DOHC, gue akuin motor ini memang kencang, riding position sporty banget, serasa motor sport tapi tanpa tangki depan. Tapi kembali ke kriteria gue, gak ada radiator rasanya nanggung. ‘Kan ada Oil cooled? Iya tapi perasaan ada yang kurang.  Setelah puas menggunakan motor ini 2 tahun masa SMA, gue menjualnya ke tetangga dan sekarang kondisinya sudah sangat buruk. 🙁

Kesimpulannya, gue orang yang cocok menggunakan motor berjenis ayam jago (underbound), entah manggilnya apa gue gak tau pokoknya kayak bebek yang pake stang jepit depannya. Udah. Tapi gue pun begitu ingin berbeda dari kebanyakan anak muda lainnya. Motor ini lansiran perusahaan berlogo sayap kepak aka Honda, berkapasitas 124CC SOHC Water Cooled. Upgradeable dan dapat dengan mudah menggunakan head kakaknya yaitu CBR150 dan CBR250. Begitu diminati di Thailand untuk dijadikan motor 6.xx detik. Main fashion OK, main performa sangat cocok. It’s a Honda. Irit. Spare part dari original sampai aftermarket mudah di cari atau kanibalisasi. Satu hal yang terpenting, dia seekor ayam jago yang cocok untuk gue yang memiliki berat badan 50kg dengan tinggi 170an. Ya, dia adalah Honda Nova Sonic RS125.

Nah pertanyaannya, mau di upgrade seperti apa Sonic ini? Pada tulisan gue selanjutnya akan ada beberapa pembahasan mengenai upgrade performa pada motor gue ini dan review pada masing-masing produknya. Liat juga tampilan Sonic gue yang baru setelah Repaint.

0 thoughts on “Sahabat Baru: Honda Nova Sonic RS 125”

  1. *salam kenal* aku juga baru nyari sonic rs125….. Tapi kebanyakan udah di modif,,padaha nyarinya yang masih ORI….

          1. dana nya belum nyampe segitu gan hehee… bandungnya dimana gan? rencana mau ke bandung kalo boleh nanti saya mampir mau liat2 dulu barangnya 😀

Leave a Reply