Cara Mudah Membuat Lampu Hazard Di Motor

lampu hazard motor

Lampu hazard (lampu sein nyala semua) adalah salah satu fitur yang biasanya terdapat pada bagian dasbor mobil.  Fungsi utama lampu hazard ini sebagai pemberi tanda bahwa mobil sedang dalam keadaaan darurat, mogok, ganti ban, kecelakaan dan lain-lain. Lampu hazard ini tidak tersedia pada sepeda motor pabrikan atau yang belum dimodifikasi. Buat kamu yang ingin memodifikasi motornya agar memiliki lampu hazard, berikut akan saya ulas cara mudah membuat lampu hazard di motor.

  1. Pertama-tama, siapkan flasher mobil, saklar, kabel, obeng dan solasi.
  2. Bongkar bodi motor bagian samping dan cari dimana flasher motor berada. Kemudian ganti flasher motor tersebut dengan flasher mobil. Kamu akan lihat pada flasher mobil terdapat 3 kaki dan 2 kaki dapat langsung disambungkan dengan soket dan 1 kaki yang lainnya dihubungkan dengan bodi motor menggunakan kabel.
  3. Jika penggantian flasher sudah benar, maka lampu sein motor kamu akan menyala namun kedipannya menjadi lebih cepat dari biasanya.
  4. Selanjutnya untuk membuat semua lampu sein motor menyala secara bersamaan, bongkarlah batok lampu dan cari kabel positif dari kedua lampu sein kanan dan kiri.
  5. Kemudian sambungkan kedua kabel positif tersebut dan gunakan saklar untuk menyambungnya agar lampu sein dapat digunakan seperti sedia kala.
  6. Sampai tahap ini lampu hazard di sepeda motor kamu sudah bisa digunakan. Untuk mengaktifkan lampu hazard, cukup geser saklar pada posisi “ON” dan geser ke posisi “OFF” untuk menoknaktifkan dan lampu sein pun akan menyala seperti sedia kala.

Leave a Reply