Cara Mengatasi Mobil Susah Distarter di Pagi Hari

mobil susah di starter

Terkadang kamu mungkin akan merasa kesal di pagi hari saat mobil susah hidup atau tidak bisa distarter. Terlebih lagi jika kamu sedang tergesa-gesa untuk pergi ke kampus atau ke kantor, tentunya masalah mobil susah hidup ini akan sangat mengganggu. Masalah yang satu ini seringkali terjadi pada mayoritas pemilik mobil dengan sistem karburator yang memang jarang di servis. Berikut ini akan saya ulasa beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara mengatasinya.

Tegangan Aki Kurang

Jika motor starter tidak berputar atau berputar pelan saat di start, kemungkinan besar masalah ini disebabkan oleh tegangan baterai/aki. Kamu bisa mengukur tegangan aki dengan volt meter atau multi meter. Umumnya, aki/baterai yang sudah lemah akan menyebabkan mobil susah distarter. Kamu bisa mengakali masalah ini dengan cara mendorong mobilnya agar bisa hidup.

Masalah Pada Busi 

Mesin yang susah distarter bisa disebabkan oleh busi yang bermasalah akibat celahnya yang terlalu besar, kotor atau terlalu rapat. Cara memeriksanya adalah dengan melepas busi terlebih dulu kemduian perhatikan apakah businya kotor. Untuk mengukur celah pada busi, kamu bisa menggunakan feller gauge.

Karburator Banjir

Buat kamu yang mempunyai mobil dengan sistem karburator, biasanya masalah mesin susah distarter ini disebabkan oleh oleh karbuarator banjir. Untuk mengatasinya, kamu harus membongkar karburator dan kemudian menyetel pelampungnya. Jika kamu kesulitan untuk membongkar dan menyetel pelampung, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel terdekat.

Leave a Reply