Cara Mengatasi RPM Mobil Yang Naik Sendiri

rpm mobil naik sendiri

Saat ini hampir semua mobil keluaran terbaru menggunakan sistem injeksi dengan sensor yang terintegrasi komputer. Namun, RPM mobil sistem injeksi terkadang suka naik sendiri padahal pedal gas tidak diinjak. Hal ini tentunya bisa sangat membahayakan terlebih lagi untuk jenis mobil matic. Berikut ini akan saya bahas penyebab dan cara mengatasi RPM mobil yang naik sendiri.

Selang Vakum Bermasalah

Selang vakum yang tersumbat atau bocor bisa mengakibatkan putaran mesin naik sendiri. Untuk membuktikannya, cobalah melepas selang MAP sensor dari intake manifold. Kamu akan melihat putaran mesin akan naik sendiri secara otomatis. Agar selang vakum tidak bermasalah, sebaiknya lakukan pengecekan dan pembersihan pada selang secara berkala agar terbebas dari kotoran dan untuk menghindari penyumbatan.

Air Flow Sensor Unit Kotor

Kebersihan air flow sensor unit dan filter udara yang kurang terjaga bisa menjadi penyebab RPM mobil naik sendiri. Sebaiknya kamu melakukan pembersihan secara rutin dan lakukan penggantian filter udara secara berkala.

Idle Speed Control (ISC) Bermasalah

Kebocoran udara pada katup servo akibat kotoran dapat menyebabkan naiknya putaran mesin. Hal ini biasanya disebabkan oleh tekanan udara yang masuk ke silinder. Bila ada penambahan udara, maka putaran akan ikut naik secara otomatis. Cara mengatasinya adalah dengan melepas ISC lalu semprotlah dengan cairan pembersih dan bersihkan juga dengan kompresor.

Leave a Reply