Ganti Selang Radiator Honda Sonic

Motor-motor saat ini nampaknya sudah concern terhadap sistem pendinginan yang lebih advance, terbukti banyak kendaraan roda dua yang sudah menerapkan water cooling dengan penambahan perangkat bernama radiator.

Meski mayoritas motor bertipe sport, tidak sedikit juga scooter mempunyai radiator sebagai media pendinginan mesinnya. Lalu, bagaimana mengganti selang radiator motor jika rusak atau sobek?

Kejadian ini terjadi sekitar dua hari lalu, ketika saya hendak mencuci motor kesayangan yaitu Honda Nova Sonic 125 karena hampir dua minggu tidak terurus. Sepintas saya melihat leher knalpot saya basah. Padahal malam tidak turun hujan. Coba saya cek ternyata di selang radiator yang posisinya paling bawah ada rembesan air. Bisa kamu lihat di foto berikut.

Nah karena sore harinya motor ini hendak dipakai untuk menghadiri tes tertulis Sampoerna Tbk. di Dipatiukur, maka perlu di perbaiki segera. Saya coba mencari selang radiator sekitaran Bojongsoang baik di AHM maupun bengkel non resmi. Tapi hasilnya nihil.

Sewaktu mengunjungi AHM saya tidak bilang untuk motor Sonic CBU, sudah pasti tidak ada jadi saya tanya stok milik CS1, CB150, atau CBR 150 yang mesinnya masih menganut overbore. Dua AHM saya kunjungi tetap tidak ada yang ready stock.

Disini saya menyimpulkan bahwa selang radiator itu bukan barang fast moving, jadi mereka tidak mau stok. Padahal kalo ada konsumen non-CBU yang butuh darurat, bisa gawat.

Oh iya, motor ini saya pakai untuk berkeliling ria mencari selang radiator. Kondisi pun sudah semakin memburuk, tetesan semakin banyak mengenai knalpot langsung yang berimbas munculnya asap.

Satu bengkel yang pasti mampu menangani permasalahan ini dengan cepat dan sigap, meski jarak dari Bojongsoang ke Lengkong Kecil terbilang cukup jauh ditambah kondisi macet saya paksa untuk menyambangi Yong’s Motor.

Sesampainya disana kondisi sudah mengenaskan, kondisi mesin sudah hampir overheat. Air radiator sudah berceceran tak beraturan. Undercowl saya basah karena kucuran air coolant.

Gerry, anak pemilik Yong’s Motor langsung menangani permasalahan ini. Memanfaatkan selang radiator CBR old yang di bentuk mengikuti lekukan Sonic 125 membuat permasalahan ini selesai.

Setelah radiator dan reservoir di isi Coolant, motor saya siap diajak berutinitas kembali.