Mengenai WordPress Security Keys

Jika kamu menggunakan engine WordPress pasti kamu akan mendengar apa itu WordPress Security Keys. Pada artikel ini saya akan membahas Apa, Mengapa dan Bagaimana mengenai WordPress Security Keys.

Apa Itu WordPress Security Keys?

WordPress Security Keys adalah sekumpulan variabel acak yang meningkatkan enkripsi informasi yang disimpan dalam cookie pengguna. Ada empat kunci keamanan yaitu : AUTH_KEY, SECURE_AUTH_KEY, LOGGED_IN_KEY, dan NONCE_KEY .

Mengapa menggunakan WordPress Security Keys?

Security Keys ini berguna agar kata sandi blog kamu lebih sulit di crack. Sandi yang non-enkripsi seperti “username” atau “wordpress” dapat dengan mudah di crack. Tapi password terenkripsi seperti “88a7da62429ba6ad3cb3c76a09641fc” mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat meng-crack nya agar mendapatkan kombinasi password yang tepat. Sebaiknya kamu menggunakan WordPress Security Keys agar meningkatkan keamanan blog WordPress kamu.

Bagaimana menggunakan WordPress Security Keys?

Pertama, kamu harus mempunyai sebuah kata sandir acak yang bahkan kamu pun tidak hafal kata sandinya.

Langkah kedua adalah memodifikasi wp-config.php. Kamu akan menemukan file ini di root folder WordPress. Dalam file wp-config.php pada baris 45, terlihat seperti ini:

Masukkan password acak yang sudah kamu dapatkan pada baris “put your unique phrase here” . Lalu simpan wp-config.php dan selesai.

Kamu tidak perlu mengingat kata sandi acak yang kamu masukkan pada wp-config.php.

Advertisements