6 Hal Yang Membuat Seorang Blogger Gagal

Berikut adalah beberapa hal yang membuat seorang blogger gagal dalam membangun blognya. Biasanya hal-hal dibawah ini terjadi pada blogger yang baru membangun blog. Untuk yang sudah bertahun-tahun melakukan aktifitas blog mungkin berbeda. Artikel ini bisa membantu kamu agar terhindar dari hal-hal yang membuat kamu gagal dalam membangun sebuah blog.

1. Menyerah karena tidak mendapatkan hasil

Memulai sebuah blog adalah hal yang mudah. Hal yang susah justru menjaga konsistensi dalam blogging. Biasanya awal-awal bulan akan sangat bersemangat, namun setelah sekitar 4 bulan mulai malas. Blogging adalah investasi jangka panjang dan biasanya membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Sayangnya, kebanyakan blogger menyerah sebelum mereka sampai di sana.

2. Tidak tahu bagaimana cara mendapatkan trafik

Sayangnya, banyak orang yang memulai blog tidak tahu apa-apa tentang internet marketing (pemasaran di dunia internet). Biasanya mereka berpikir bahwa jika mereka membangun sebuah blog dan mengisi beberapa artikel saja, trafik akan datang. Namun pemikiran seperti itu kurang berhasil saat ini.

3. Memilih niche yang salah

Niche adalah identitas sebuah blog. Bayangkan jika niche blog kamu tidak jelas? bagaikan seseorang yang tidak mempunyai identitas. Juga menulis niche yang kita sukai akan membuat kita terus bersemangat update blog, berbeda jika kita menulis dengan niche yang tidak kita sukai apalagi yang kita tidak mengerti.

4. Tidak mampu menangani kritik

Kritik akan selalu datang. Entah itu mengkritik gaya tulisan, design blog, atau yang lainnya. Seorang blog harus bisa mengatasi hal-hal seperti ini. Jika kamu seorang yang alergi terhadap kritik, lebih baik kamu berhenti menjadi seorang blogger.

5. Jenuh

Ketika blog sudah dibuat kamu memutuskan untuk mempublish artikel setiap hari. Berharap agar blog kamu terlihat selalu up-to-date. Memang niat yang bagus jika kamu bisa terus melakukannya secara konsisten. Tapi akan ada saat dimana kamu merasa jenuh dan malas membuat sebuah artikel. Cara mengatasinya adalah buatlah beberapa artikel dalam 1 hari dan jadwalkan agar terpublish otomatis pada beberapa hari berikutnya. Hal ini memungkinkan kamu bisa cuti sementara dari aktifitas blogging.

6. Copy-Paste

Hal ini lah yang sebenarnya membuat seorang blogger gagal. Pemikirannya adalah seperti ini, “untuk apa membuat konten asli padahal kita bisa menjiplak konten dari blog sebelah”. Google tidak sebodoh yang kita pikirkan. Juga Search Engine lainnya. Jelas, konten yang asli akan lebih dihargai daripada hasil menjiplak karya orang lain. Jika kamu memang tidak bisa menulis konten entah itu karena tidak ada inspirasi, tulis kembali konten orang lain dengan gaya bahasa kamu sendiri. Itu lebih baik.

Advertisements

4 thoughts on “6 Hal Yang Membuat Seorang Blogger Gagal

  1. Hi…
    Thanks Blog Owner,
    Merupakan tambahan info yang bermanfaat untuk Blogging dengan poin-2 yang penting untuk diingat dan dipraktekkan 🙂

    Meski saya sendiri menjadikan Blog ( baru mulai he he ) sebagai sarana belajar hal-hal yang selama ini terlewat & menjadikan Blog sebagai ‘Kumpulan Catatan’ agar mudah mengaksesnya dimana saja saat membutuhkan kembali informasi-informasi yang sudah saya rangkum di Blog… jadi sejauh ini saya menikmati saja proses mencatat/menulis sedikit demi sedikit & terbatas sekali dalam memperaktekkan optimasi-optimasi Blog.

    Benar-benar Salut buat Adnan yang berusaha menjaga keASLIan Ide & Isi Blognya 🙂
    Btw, izin numpang nimbrung Belajar dari Blog ini

    Happy Blogging & Keep Sharing ya…

    1. Salam kenal! Hmm..saya juga sepertinya sekarang merubah ‘kiblat’ blog saya yang dulunya membahas optimasi seputar blog sedikit demi sedikit akan dirubah mengenai pengalaman pribadi saja. Walau satu atau dua postingan tetap membahas hal-hal mengenai blogging. Terimakasih sudah berkunjung! 🙂

  2. mantap artikel yang ini. Coment ke 3 saya nih hihihi
    enyway point nomer 2 malah bertolak belakang dengan salah satu prinsip saya dulu.
    dulu beripikiran driving traffic adalah kriminal terselubung hehehe
    saya telan mentah-mentah konsep takdir, biarlah tulisan di blog saya ditemukan sendiri oleh search engine wkakakaka dan biarkan pembaca yang tepat menemukan blog saya beuh mimpi. hasilnya blog jadi kuburan.

    oke setelah ketemu seseorang mind set saya berubah.

    salam,
    Diptra

Comments are closed.