Instal dan Setup WP Super Cache

WP Super Cache adalah plugin yang menggandakan halaman blog kamu dan menyimpannya didalam server. Sehingga ketika kita ingin membuka halaman yang ada diblog kamu, respon dari server akan lebih cepat, karena server sudah menyimpan salinannya. Begitu singkatnya.

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menginstal Plugin WP Super Cache. Juga saya akan memberikan cara memilih pengaturan yang tepat. Banyak pemula takut untuk menginstal plugin ini karena memikirkan pengaturannya yang rumit. Tapi saya jamin, setelah kamu membaca panduan ini kamu akan merasa nyaman menggunakan plugin ini.

1. Instalasi Wp Super Cache

Saya yakin kamu sudah bisa menginstal plugin di WordPress. Menuju Plugin Tabs » Add New cari plugin dengan nama WP Super Cache pada Form Search.

Kemudian kamu akan menemukan List plugin yang serupa. Klik Install pada WP Super Cache dan akan muncul tampilan seperti berikut.

2. Setup Permalinks

Plugin ini meminta Custom Permalinks. Jadi kamu harus merubahnya terlebih dahulu agar menjadi lebih SEO Friendly. Caranya bisa kamu baca di SEO Permalinks untuk WordPress pada point nomor 3.

3. Mengaktifkan WP Super Cache

Silahkan masuk Settings » WP Super Cache.

Pada tab Easy klik ON untuk mengaktifkan. Lalu saya melakukan beberapa setingan pada tab Advanced, setingannya bisa dilihat pada gambar berikut.

4. Update .htaccess

Setelah melakukan langkah nomor 3 diatas. Scroll ke bawah dan kamu akan menemukan Mod Rewrite Rules seperti berikut.

Lalu klik Tombol pada bagian bawahnya seperti ini.

Langkah nomor 4 merupakan langkah akhir dari proses ini. Itu artinya WP Super Cache sudah aktif dan berjalan seperti semestinya di blog kamu. Jika ada masalah dalam melakukan instalasi WP Super Cache ini saya siap membantu.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

6 thoughts on “Instal dan Setup WP Super Cache”

    1. Baik. Permalink yang SEO friendly itu contohnya seperti ini :

      namablogkamu.com/judul-postingan-kamu

      Sedangkan blog saya, karena menggunakan wordpress.com tidak bisa dirubah, jadi seperti ini:

      adnanomatic.com/2011/03/31/instal-dan-setup-wp-super-cache/

      di permalink blog saya, ada tanggal yang menurut saya kurang SEO, tapi dengan wordpress.org kamu bisa merubah permalink sesuai keinginan yang ada pada bagian pengaturan.

Comments are closed.