12 Tips Memerangi Komentar Spam

Komentar spam adalah sebuah masalah besar ketika blog kamu mulai populer. Kamu akan melihat komentar yang sama sekali tidak relevan dengan isi blog atau artikel terkait. Bagaimana mengatasi komentar spam? Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana menghadapi komentar spam yang membludak secara cepat, mudah dan efisien. Jangan membuang-buang waktu untuk memoderasi komentar spam.

1. Aktifkan Akismet

Akismet adalah plugin terbaik untuk menghadapi spam. Kamu tidak perlu menginstal plugin ini segera setelah menginstal WordPress. Karena plugin ini sudah termasuk dalam paket instalasi WordPress. Tapi kamu harus mengaktifkannya dan mendapatkan API Key dari situs resminya. Akismet memang baik dalam memfilter komentar berbau spam. Namun, terkadang komentar yang bukan spam Akismet anggap sebagai spam, tapi kamu bisa memulihkannya dari Spam Queue.

2. Nofollow Comment Links

Alasan mengapa spammer membuat komentar karena mereka ingin mendapatkan backlink dari blog kamu, terlebih jika blog kamu adalah Dofollow blog. Mereka ingin mendapatkan banyak link juice dari blog kamu, tapi kamu bisa menghentikannya. Secara default WordPress mempunyai atribut nofollow untuk semua link di blog. Tapi, biasanya blogger ingin mempunyai banyak komentar di blognya lalu membuat link komentar menjadi dofollow, inilah kesalahan yang sering terjadi. Membuat spammer lebih giat lagi berkomentar spam di blog kamu. Ingat bahwa, kualitas bukan jumlah. Lebih baik mempunyai sedikit komentar berkualitas dari pada banyak komentar yang tidak berkualitas.

3. Blacklist Spammer

WordPress memberikan kemudahan lagi untuk memerangi komentar spam. Dengan adanya fitur Blacklist memudahkan kamu menghalau spammer yang sering berspam ria di blog kamu. Masukkan Email, URL, Nama, atau bahkan IP. Gunakan salah satu dari informasi tersebut pada kolom Blacklist dan kamu tidak akan mendapatkan komentar spam lagi darinya.

4. Menggunakan Verifikasi Captcha

Menggunakan plugin SI CAPTCHA for WordPress bisa mengurangi komentar spam. Karena setiap hendak berkomentar, komentator harus memasukkan huruf acak pada form yang disediakan. Memang cukup membuat komentator merasa malas berkomentar pada blog kamu, tapi inilah cara untuk mengurangi komentar spam.

5. Defensio

Plugin alternatif selain Akismet, bisa menggunakan Defensio.

6. Simple Trackback Validation

Simple Trackback Validation plugin melakukan testing pada semua trackback yang diterima untuk mengurangi adanya trackback spam. Ketika sebuah trackback diterima, plugin ini akan melakukan pencarian link pada halaman tersebut. Jika tidak ada link trackback yang menuju blog kamu, trackback tersebut akan langsung dianggap sebagai spam.

7. Menonaktifkan Trackbacks

Porsi terbesar dalam komentar spam adalah trackbacks. Banyak blog diluar sana yang menonaktifkan trackback agar mengurangi spam trackback pada blog nya.

Option diatas bisa kamu temukan pada Settings > Discussion. Option tersebut agar menonaktifkan trackback pada blog kamu. Jika kamu ingin menonaktifkan trackback pada posting tertentu, kamu bisa mengubah optionnya.

8. Captcha yang Lebih ‘Mudah’

Terlihat mudah untuk Human User, tapi sulit untuk spam bot. Math Comment SPAM Protection memberikan kemudahan daripada captcha berupa huruf acak. Untuk instalasi silahkan baca pada situs resminya.

9. Bad Behavior

Bad Behavior plugin menjaga blog kamu dari link spam yang diterima. Plugin ini direkomendasikan untuk diinstal dan dibarengi spam protect lainnya seperti Akismet.

10. Menonaktifkan Komentar pada Postingan Lama

Tentukan hari kapan komentar akan dinonaktifkan.

11. Menonaktifkan Komentar

Ya, ini adalah cara paling kejam untuk memerangi spam. Menonaktifkan komentar bahkan untuk Human sekalipun. Tapi jika kamu tidak ingin melakukannya, aktifkan komentar hanya untuk User yang terdaftar di blog kamu saja.

12. Duplicate Comments

Hal yang menjengkelkan selain komentar spam adalah duplikat komentar. Human kadang melakukan copy-paste pada komentarnya sendiri dan melakukan komentar pada post lainnya dengan isi komentar yang sama. Untuk menghadapinya, cari kode berikut pada comments.php.

<p>
<input name="submit" type="submit" tabindex="5" value="<?php _e("Say it!"); ?>" />
</p>

Ganti dengan :

<p>
<blockquote>
Comment moderation is in use. Please do not submit your comment twice. it will appear shortly.
</blockquote>
<input name="submit" type="submit" tabindex="5" value="<?php _e("Say it!"); ?>" />
</p>

Jika masih ada tips untuk memerangi spam lainnya, silahkan post pada komentar atau hubungi saya.

Advertisements