7 Pertanyaan Untuk Diri Sendiri Sebelum Memulai Sebuah Blog

Kini, blog menjadi sebuah media penyebaran informasi yang cepat dan efisien. Dengan blog, seseorang bisa menuliskan opini, cerita, informasi dan lainnya dengan bebas. Membuat blog juga tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang, karena itu banyak orang sudah memiliki blog, baik itu sekedar blog personal, blog fotography (photoblog), atau blog bisnis.

Sebelum kamu berencana membuat sebuah blog, coba tanyakan beberapa pertanyaan di bawah ini pada diri sendiri.

1. Kamu benar-benar membutuhkan sebuah blog?

Menulis dan memelihara sebuah blog membutuhkan komitmen yang tinggi, serta semangat (atau setidaknya menyukai) untuk merangkai kata menjadi kalimat yang baik dan berkualitas. Jika kamu tidak suka menulis, bisa membuat blog audioblog, photoblog atau videoblog.

2. Target Audience yang Ingin di Capai?

Ini tentu penting untuk mendapatkan pembaca tetap pada blog kamu. Apa yang mereka cari, kita harus mengetahuinya. Berikut beberapa jenis audience yang bisa dipertimbangkan untuk mendapatkan audience yang tepat.

• Internet users
Apakah target audience kamu semuanya pengguna internet? Jika tidak, membuat blog hanya akan membuang waktu dan tenaga.

• Blog readers
Apakah target audience kamu suka membaca langsung dari blog? Jika mereka lebih menyukai membaca artikel dari Inbox Email mereka, berikan opsi berlangganan email pada blog kamu.

• Search engine users
Jika target audience kamu pengguna mesin pencari untuk mencari informasi, maka keputusan membuat sebuah blog adalah pilihan yang tepat. Ini saatnya kamu belajar SEO untuk memaksimalkan posisi blog kamu di SERP agar lebih mudah ditemukan oleh audience yang ditargetkan.

• Social media users
Mempunyai sebuah komunitas justru akan lebih mudah untuk mencari audience yang tepat. Karena kamu sudah mengenal mereka, apa yang mereka suka dan mereka cari. Update konten pada blog kamu dan berikan hal yang positif pada komunitas, maka mereka akan menjadi pembaca tetap blog kamu.

3. Apa yang ingin dicapai dengan blog?

Terdapat banyak sekali hal yang bisa dicapai dengan membuat sebuah blog, diantaranya:

• Meningkatkan visibilitas dan ranking pada search engine
• Branding untuk diri sendiri (personal branding), produk, layanan atau perusahaan
• Membangun komunitas dengan orang yang berminat sama
• Memperluas jaringan dan membangun kredibilitas sebagai seorang ahli pada suatu bidang

Poin-poin diatas hanya sebagian pencapaian dari banyaknya pencapaian yang ingin dicapai oleh setiap blogger. Ini membuat kamu menjadi lebih fokus pada blog, karena sudah merencanakan apa yang ingin kamu capai dengan blog.

4. Berapa banyak waktu yang dapat kamu habiskan untuk blog?

Blogger yang serius pada blognya tidak hanya menghabiskan waktu untuk menulis saja, juga harus melakukan aktifitas blogwalking, dan membaca blog lainnya yang setopik dengan blognya. Selain itu, melakukan analisa dan optimasi pada blog juga hal yang penting, sebuah analisis untuk mendapatkan visitor, analisis untuk meningkatkan posisi SERP (SEO), atau analisis dalam bidang pemasaran blog. Semuanya membutuhkan banyak waktu, jadi sanggupkah kamu menghabiskan waktu untuk blog?

5. Platform Blogging yang akan digunakan?

Ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan, jika kamu sudah menggunakan sebuah platform blog dalam waktu yang relatif lama, lalu kamu tidak puas dengan plugin atau dukungan komunitas platform tersebut, untuk pindah dan menggunakan platform lain yang lebih baik itu tidak semudah yang dibayangkan. Kamu mungkin akan kehilangan beberapa data, posisi SERP merosot, rangking anjok dan lainnya.

Untuk fokus hanya kepada tulis-menulis saja, mungkin bisa menggunakan platform gratis seperti Blogger, Blogware atau Typepad. Pilihan tersebut sangat baik jika kamu ingin membangun blog secepat mungkin dan semudah mungkin.

Tapi, jika kamu seorang yang menginginkan kontrol penuh untuk blog kamu, gunakan WordPress Self-Host, biaya yang dikeluarkan untuk membangun blog menggunakan platform ini relatif. Tergantung pada jasa hosting yang dipilih. Ini biasanya digunakan untuk blog-blog jangka panjang yang serius di dunia blogging.

6. Bagaimana rencana untuk mempromosikan blog?
Pada dasarnya, promosi blog bisa dilakukan secara offline dan online. Jika kamu memutuskan untuk mempromosikan blog kamu di suatu situs yang sudah terkenal dan berencana memasang banner blog kamu disana, pastikan situs tersebut relevan dengan blog kamu, ini akan membuat pengunjung tetap situs besar tersebut tertarik pada blog kamu. Karena mereka ingin mencari sesuatu yang sama (relevan) dalam suasana berbeda (blog kamu).

7. Bagaimana kamu menilai keberhasilan pada blog kamu?
Dari sekarang, coba catat poin-poin yang ingin kamu capai sebagai tanda keberhasilan pada blog kamu. Dengan mempersiapkan hal ini, kamu akan memiliki target yang sesungguhnya, jadi membangun blog tidak hanya membuang waktu tapi mempunyai tujuan yang harus di capai.

Itu adalah beberapa pertanyaan yang mungkin wajib ditanyakan pada diri sendiri ketika hedak membangun sebuah blog, jika kamu ingin menambahkan postingkan pada kolom komentar.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.