7 Plugin Penting untuk WordPress

Tidak cukup menginstalnya saja, kita harus mengoptimalkan engine WordPress semaksimal mungkin. Baik dari keamanan, SEO dan kinerjanya. Tentu itu semua juga akan berpengaruh besar pada blog kita nantinya. Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan agar blog ber-engine wordpress bisa lebih optimal? Salah satunya dengan menginstal plugin. Berikut adalah beberapa plugin yang saya rekomendasikan, ada yang membuat blog lebih SEO, membuat tampilan lebih menarik, mengatasi spammer, dan lainnya.

1. All in One SEO Pack

Kita semua tahu betapa pentingnya SEO. Tanpa SEO mungkin blog kamu akan sedikit sulit ditemukan, kecuali jika kamu memilih program PPC untuk mempromosikannya. Plugin ini memberikan kostumisasi yang begitu lengkap, mulai dari META Titles, Deskripsi, Keyword untuk setiap halaman, yang dibungkus dalam 1 Pack. Membuat blog kamu menjadi lebih SEO-Friendly.

2. Fancy box

Plugin ini membuat gambar yang ada di blog kamu ditampilkan lebih menarik dari biasanya. Dengan menampilkan frame, efek shadow yang soft. Animasi dan Frame yang ditampilkan bisa di kostum sesuai selera. Ini akan membuat pembaca ‘betah’ berlama-lama di blog kamu. Satu hal yang pasti, kamu tidak akan mau untuk menguninstalnya. πŸ™‚

3. Google XML Sitemaps

Penjelasan mengenai plugin ini bisa dibaca pada postingan ini. Membuat XML dan HTML Sitemap

4. Contact Form 7

Membuat halaman Kontak pada blog adalah langkah yang tepat untuk saling berinteraksi dengan pembaca. Kadang, tersedianya form Kontak mempermudah Pengiklan menghubungi kamu untuk memasang produk mereka. Ini sebuah profit tentunya. Manfaatkanlah plugin ini .

5. Socialize

Social network, sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk menarik banyak trafik bagi blogger. Tapi bagaimana caranya? Dengan Socialize pembaca menjadi lebih mudah menyebarkan konten blog kamu ke jaringan sosial dengan cepat. Dengan menampilkan tombol ‘Share’ di bagian akhir setiap posting, ini jelas bermanfaat sekali untuk menyebar luaskan sebuah konten.

6. NextGEN Gallery

Mempunyai banyak file gambar di blog kadang membuat kita sulit untuk mencari gambar tertentu, tidak mungkin kita mencarinya satu persatu. Dengan NextGEN, kamu bisa mensortir gambar-gambar menjadi sebuah album. Ini memudahkan pencarian gambar.

7. Akismet

Siapa yang tidak mengenal plugin ini? Plugin pemberantas komentar spam yang hadir secara bundling dengan WordPress. Segera aktifkan plugin ini untuk memerangi komentar spam yang mengganggu.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

8 thoughts on “7 Plugin Penting untuk WordPress”

        1. SEO itu agar blog kita berada pada posisi teratas pada hasil pencarian search engine. Kalau posisi kita teratas dari hasil pencarian, biasanya akan lebih menarik pengunjung. πŸ˜€

Comments are closed.