Memahami Backlinks

Inbound and Outbound Links

Links pada sebuah situs adalah hubungan antara situs tersebut dengan situs lainnya. Situs yang tidak mempunyai Incoming Links dan Outgoing Links tidak akan pernah memiliki Organic Traffic. Sekalipun kamu mempunyai konten yang sangat baik, jika tidak mempunyai Incoming Links, kamu tidak akan pernah mendapatkan traffic karena tidak ada jalan bagi situs lain untuk menemukan situs kamu.

Pembahasan selanjutnya, Situs dibaca : Blog.

Outgoing Links merupakan sebuah sumber bacaan bagi pembaca, maksudnya dengan memberikan Outgoing Links pembaca akan mendapatkan sesuatu yang lebih ketika sedang membaca konten di blog kamu. Outgoing Links bisa merupakan referensi yang membantu bahasan di blog kamu menjadi lebih lengkap tanpa menulisnya kembali.
4 kelebihan memberikan Outgoing Links adalah : verifiability, acknowledgment, examples, context.
Namun, hanya memiliki Outgoing Links bukan hal yang baik. Blog yang baik memiliki keseimbangan antara Incoming Links dan Outgoing Links.

Organic dan Inorganic Traffic

Organic Traffic adalah kunjungan yang alami. Biasanya mereka mengetahui blog kita dari Pencarian Search Engine, Forum, Mulut ke Mulut, Blog dan Blogger Lain, dan lainnya.

Inorganic Traffic adalah kunjungan melalui pemasaran dan promosi. Seperti, Banner iklan, Adwords, Promosi di media, dan lainnya. Kunjungan yang bersifat Inorganic biasanya bergantung dari seberapa besar modal yang dimiliki pengiklan. Traffic yang dihasilkan bersifat ‘kaget’ dan tidak berlangsung lama.

Apa itu Backlinks?

Backlink adalah link masuk pada sebuah blog. Backlinks terjadi ketika blog lain memberi tautan pada blog, atau konten blog. Nilai backlink dihitung berdasarkan PR (Pagerank). Blog yang mempunyai banyak backlink menandakan blog tersebut populer, penting dan berkualitas.

Pentingnya Backlinks

Kalau kamu menginginkan peringkat yang tinggi di SERP, sangat penting untuk memiliki backlink. Google memberikan nilai pada sebuah blog berdasarkan PR (pagerank) dari 0 hingga 10. Semakin tinggi PR blog kamu, maka peringkat di SERP akan semakin tinggi pula. Mempunyai backlink dari blog ber-PR tinggi juga berpengaruh besar pada PR blog kamu, maka dari itu meningkatkan Google Pagerank relatif penting.

Kualitas, Jumlah, dan Relevansi Backlinks

Search engine mempertimbangkan konten dari sebuah blog untuk menentukan kualitas dari sebuah link. Maksudnya, jika kita akan mencari backlink untuk meningkatkan kualitas blog kita di mata search engine juga ada aturannya. Backlink dari blog lain ke blog kita dengan niche dan topik yang relevan akan dianggap backlink yang berkualitas. Berbeda dengan backlink dari situs yang tidak ada relevannya dengan blog kita, walau tetap dianggap backlink tapi bukanlah backlink yang berkualitas.

Backlink dapat dianggap sebagai backlink berkualitas jika:

  • Konten dan niche dari blog yang memberi backlink relevan dengan blog kamu.
  • Membuat backlink tersebut mengandung keyword (Anchor).

Backlinks Checkers

Berikut adalah beberapa tool untuk mengecek backlink yang biasa saya gunakan.

Sebenarnya masih banyak tool untuk mengecek backlink selain yang ada diatas, silahkan googling.

Baiklah, penjelasan mengenai backlinks di atas semoga dapat membantu kamu (blogger) agar lebih baik dalam mengenlola backlink, meningkatkan pagerank secara jujur dan optimasi backlinks untuk SERP. Jika ada yang kurang jelas silahkan hubungi saya. Terimakasih.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.