Nofollow dan Dofollow Links

Pada awalnya semua link bersifat dofollow. Namun, itu tidak berlangsung lama ketika banyak orang berkomentar pada blog secara tidak tulus, hanya karena ingin mendapatkan backlink. Jadi alasan utama diperkenalkannya nofollow link adalah spam.

Dofollow link berpengaruh pada pagerank. Nofollow link tidak berpengaruh pada pagerank.

Sekarang, banyak sekali CMS termasuk WordPress, Blogger (blogspot), TypePad dan lainnya yang secara default link pada komentar bersifat nofollow. Untuk merubahnya menjadi dofollow kita perlu melakukannya secara manual.

Kalau kamu menggunakan firefox, cara termudah dan tercepat mengetahui sebuah blog Dofollow atau tidak adalah dengan menginstal SearchStatus Addon. Plugin ini akan meng-highlight semua nofollow link, menampilkan Google Pagerank, Alexa Rank, dan status lainnya mengenai blog tersebut.

Merubah Nofollow Links menjadi Dofollow Links.

Kalau kamu memutuskan merubah komentar link mejadi dofollow, mungkin agar mendapatkan banyak komentar dari pembaca itu hal yang bagus. Tapi, kamu harus lebih sabar dan jeli memoderasi komentar-komentar yang datang, membedakan mana komentar spam dan bukan. Perlu diingat, spammer juga akan lebih ‘giat menyapa’ pada blog-blog yang bersifat dofollow.

Berikut tips dari saya untuk blog yang bersifat dofollow :

  • Tulis konten berkualitas, agar blog lain dengan niche yang sama memberi backlink pada artikel berkualitas tersebut.
  • Hindari melakukan linking pada situs / blog / konten yang tidak relevan.
  • Hindari bertukar link dengan blog yang tidak relevan.
  • Linking hanya dengan situs / blog / konten yang relevan.
  • Hindari membuat blogroll atau link list yang panjang.
  • Bangun otoritas dengan meninggalkan komentar yang berkualitas di blog yang relevan.

Mempunyai blog dofollow memang menguntungkan, karena pembaca akan tertarik untuk memberi komentar. Tapi, kekurangannya adalah para spammer akan mencoba untuk meninggalkan komentar spam untuk mendapatkan backlink.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

One thought on “Nofollow dan Dofollow Links”

  1. Terima kasih mas artikelnya.. blog yang yang saya punya sudah saya ubah menjadi do follow…tapi apa berhasil atau tidak belum tau juga
    sukes selalu untuk blognya..

Comments are closed.