10 Plugin Efektif untuk WordPress

WordPress plugin merupakan alat untuk meningkatkan fungsionalitas dari sebuah blog wordpress. Ada ribuan plugin yang tersedia di WordPress, bahkan setiap hari akan ada plugin baru yang dibuat, baik secara kelompok maupun individual.

Nah, berikut ini beberapa plugin yang biasanya selalu ada di setiap blog berengine wordpress.

Google XML Sitemaps: Plugin ini meregenerasi sitemap sehingga search engine seperti Google, Yahoo dan Bing melakukan index lebih baik. Sitemap XML yang di buat memberikan notifikasi terhadap search engine bahwa ada perubahan di blog kamu.

Yoast WordPress SEO: Alternatif dari all-in-one SEO sepertinya, memiliki on page content analysis, XML sitemaps and banyak fitur lainnya. Memberikan fungsionalitas SEO untuk meningkatkan kekuatan SEO.

Yet Another Related Posts Plugin: Menampilkan link post yang berkaitan di setiap akhir tulisan untuk membuat pembaca berlama-lama di blog kamu dan meminimalisir bounce rates.

Shareaholic SexyBookmarks: Plugin ini menampilkan daftar social bookmark di setiap post untuk memudahkan pembaca men-share artikel blog kamu dan membantu meningkatkan trafik.

Target Blank In Posts And Comments: Untuk mempertahankan pembaca ini berguna sekali. Plugin ini memasukkan target=”_blank” pada link post atau komentar untuk membukannya pada new tab atau new page.

W3 Total Cache: Plugin cache yang lengkap untuk meningkatkan kinerja server. Kalau blog cepat diakses, pembaca pun tidak akan jenuh mengunjungi blog kamu. Mereka datang bukan untuk membuang-buang waktu menunggu loading blog kamu, tapi untuk membaca konten.

Exploit Scanner: Security Plugin yang sangat berguna sekali. Mencari hal-hal yang mencurigakan di blog, dengan begitu kamu dengan mudah mengetahui file yang dianggap ‘mengancam’ kelangsungan blog kamu. 🙂

Fast Secure Contact Form: Memungkinkan pembaca menghubungi kamu adalah kegunaan dari sebuah contact form. Selain itu plugin ini memblocking segala hal yang bersifat spamming. Fitur yang dimilikinya pun beragam.

AdSense Float: Menampilkan iklan Adsense dibagian yang menonjol di blog, yang mana memaksimalkan CTR and revenue dari blog.

Google +1 Button plugin: Memberi kemudahan terhadap pembaca untuk merekomendasikan konten yang mereka sukai pada Google search. Semakin banyak mendapatkan +1 membantu meningkatkan posisi SERP.

Ada yang mau menambahkan mengenai plugin efektif untuk blog wordpress?

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

5 thoughts on “10 Plugin Efektif untuk WordPress”

  1. Wew.. banyak amat omm… saya cuma pake 3 plugin doank,,
    WP Super Cache, WordPress Security, sama XML Generator..

    hehehehehe.. denger2 sih, semakin banyak plugin yg kita pasang, semakin berat loading blog.. mudah2an saya salah ya omm…

    maklum, saya hanya wong ndeso,, hweheheheh

  2. Mohon infonya Pak.
    Plugin apa yang bisa digunakan untuk HANYA menampilkan TOTAL Postingan hari ini dan kemarin?
    Terimakasih banyak 🙂

    Salam,

Comments are closed.