Tempat yang Baik untuk Menulis

Menulis sebuah materi untuk blog memang penting, tapi mencari suasana menulis yang tenang dan tempat yang nyaman juga tidak kalah pentingnya. Nah, saya akan berbagi beberapa tempat yang selama ini saya gunakan untuk menulis dan menurut saya tempat-tempat tersebut cukup nyaman dan memberikan inspirasi.

Perpustakaan

Tempat yang rapi, hening dan berinspirasi tak lain adalah perpustakaan. Kamu bisa benar-benar berkonsentrasi ketika menulis disini. Tapi permasalahannya adalah kurangnya perpustakaan di kota-kota menengah kebawah di indonesia, dan mendapatkan perpustakaan yang sibuk dan berisik.

Coffee Shop

Kedai kopi seperti Starbucks, tempat yang adem untuk nongkrong. Wifi gratis? Jelas, manfaatkan fasilitas ini untuk menghasilkan great content. Tapi kadang pengunjung malah menjadi gangguan, padahal menurut pengalaman saya pengunjung adalah inspirasi ketika menulis disitu. 🙂 Permasalahan untuk tempat ini adalah harga yang lumayan mahal, tidak sehatnya kafein dan kolesterol. Dengan kata lain tempat ini tidak gratis. 😀

Rumah

Tempat ini yang paling sering saya gunakan untuk menulis. Ketenangan dan tidak adanya rasa terburu-buru menjadi hal utama mengapa Rumah menjadi tempat yang paling nyaman. Tapi kalau kamu ingin terlihat lebih profesional, buat ruangan khusus untuk bekerja (menulis), tata ruangan tersebut senyaman mungkin, tidak ada gangguan dari luar dan jangan biarkan anak-anak (jika sudah mempunyai anak) mengacak-ngacak tempat kerja kamu ini (office). Walaupun rumah mempunyai banyak ruangan yang bisa digunakan, tapi ada tempat-tempat tertentu yang memiliki suasana paling nyaman. 🙂

Menulis dimanapun kamu berada

Entah itu menggunakan laptop, ballpoint dan kertas, tulislah ketika kamu mendapatkan sebuah inspirasi pada saat itu juga.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.