Tips dan Teknik Mengomentari Blog

Mengomentari blog blogger lain mempunyai banyak manfaat, membangun relasi antar blogger, meningkatkan trafik blog, juga kamu bisa mendapatkan backlink dari blog tersebut. Tapi itu juga kalau komentar kita di approve oleh yang punya blog, kalau tidak? ya harus bisa. Bagaimana caranya? Dengan membuat komentar kita terlihat bernilai, jangan asal jeplak seperti “nice info”, tidak ada nilai tertera disitu malah terlihat seperti komentar spam.

Meninggalkan komentar yang berguna dan knowledgeable. Seperti yang sudah dikatakan diatas, komentar seperti “blognya keren” terlihat seperti komentar spam saja. Buatlah komentar kamu menambah nilai pada tulisan yang kamu komentari tersebut. Sehingga membuat si pemilik blog senang dan mengapprove komentarmu.

Meninggalkan komentar pada blog yang relevan dengan blogmu. Ini sih kalau kamu terobsesi untuk meningkatkan ranking blogmu di mata search engine. Dengan berkomentar pada blog yang se-niche, komentarmu akan lebih di pertimbangkan oleh SE. Tapi sebenarnya, kamu tetap bisa berkomentar pada blog mana saja.

Kalau blogmu masih baru pasti masih ber-PR0, kan? Nah untuk bisa mendapatkan pagerank tinggi cobalah untuk berkomentar pada blog yang memiliki pagerank diatas blogmu (PR3, PR5, dst). ini akan membantu blogmu meningkat pageranknya, apalagi jika blog yang kamu komentari itu dofollow dan berdomain .edu .gov dll. pasti tidak akan lama pagerank kamu meningkat.

Terbuktikan? banyak sekali manfaat dibalik berkomentar, jadi jangan malas untuk berkomentar. πŸ™‚

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

7 thoughts on “Tips dan Teknik Mengomentari Blog”

  1. Assalamu’alaikum . . .
    Iya mas, saya juga melihat banyak komentar seperti itu, dan saya sendiri kadang begitu. Mungkin setelah membaca tips ini saya akan berkomentar lebih bijak lagi gak sekedar nitip jejak.
    Salam persahabatan mas.

Comments are closed.