Menggunakan Dvorak

Apa sebenarnya dvorak? Ada yang pernah dengar? Mungkin ada sebagian orang yang belum pernah mendengarnya. Dvorak itu keyboard layout sama halnya dengan QWERTY keyboard. Namun, banyak mengatakan (termasuk saya) menggunakan dvorak membuat kecepatan mengetik menjadi lebih cepat dan membuat jari nyaman. Desainnya pun ergonomis.

dvorakadnanomatic

Malah, dvorak kabarnya membuat jari kita lebih sehat, karena layout keyboard ini ‘memaksa’ kita menggerakan seluruh jari, berbeda dengan qwerty yang kadang ada huruf-huruf yang sulit kita tekan karena posisinya yang sulit (kagok) dijangkau.

dvorakkeyboardadnanomatic

Saya mempelajari layout keyboard dari awal hingga lancar memakan waktu yang relatif lebih cepat daripada ketika saya mempelajari layout QWERTY. Sekitar 1 minggu posisi dari masing-masing tombol sudah bisa saya hafal, mungkin kamu bisa lebih cepat dari saya. Pengalaman saya menggunakan layout keyboard ini sudah sekitar 3 bulan.

Layout keyboard ini disebut-sebut sebagai keyboardnya anak IT, saya pikir tidak juga. Layout keyboard ini bisa digunakan siapapun. Kedepannya saya ingin banyak orang menggunakan Dvorak dan meninggalkan Qwerty yang menurut saya kurang ergonomis.

Kamu tertarik mencobanya? πŸ™‚

Advertisements

4 thoughts on “Menggunakan Dvorak

  1. Ah.. kalo masalah ergonomis tergantung dari keyboardnya sendiri, terlepas dari Qwerty atau Dvorak.. coba bayangin klo tombol keyboard Dvorak keras kaya mesin tik, kan g enak juga :).

Comments are closed.