Satria F, Pakai Air Filter Aftermarket Lebih Baik

Berawal dari kebingungan saya melihat banyak Fu riders yang tidak menggunakan Air Filter alias Open Filter, saya ingin lebih menelusuri pengaruh yang diperoleh dari pembukaan Air Filter pada Satria F. Jujur, saya belum pernah mencoba Fu yang tidak berFilter, jadi benar-benar tidak tahu rasanya. Sewaktu saya berdiskusi bersama teman saya yang demen membuka air filternya, mereka mengatakan kalau tarikan lebih responsif. Entahlah, karena saya tidak pernah merasakannya. ๐Ÿ˜ฆ

Saya surfing di internet, membaca diskusi, akhirnya saya menemukan titik terang. Pengaruh dari pembukaan air filter bisa saja benar seperti yang dikatakan teman saya itu, tapi ada hal-hal lain yang kadang disepelekan. Seperti, masuknya air ketika hujan yang membuat motor susah hidup atau masuknya benda-benda asing yang dapat merusak daleman mesin.

Saya jadi teringat cerita teman saya yang mengatakan kalau motor temannya dijahili orang dengan dimasukkan kerikil pada bagian karburatornya. Bisa kamu bayangkan ketika motor itu hidup? ๐Ÿ˜€

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Air Filter KOSO untuk menggantikan Air Filter standart. Harga ketika saya beli dibanderol Rp100.000.

air filter koso satria fu

Hari itu juga saya langsung menuju bengkel favorit saya. Sungguh tidak sabar untuk merasakan tarikannya. ๐Ÿ™‚

air filter koso satria fu

air filter koso satria fu

Sekarang, saya akan membahas pengaruh dari pemakaian air filter ini. Suara menjadi agak bising dan sangat berbeda dengan suara standart, seperti menggunakan knalpot aftermarket. Padahal suara ini jelas dihasilkan dari ruang mesin, bukan knalpot.

Bagian yang saya suka adalah ketika narik gas pada RPM 4500 – 6000, suaranya benar-benar mantap, padahal knalpot standart. Ketika putaran mesin menyentuh RPM 6000 – 7500, suara yang dihasilkan sedikit menurun volumenya dan tidak begitu bising. Namun, itu terbalaskan ketika putaran mesin masuk RPM 7500 – atas, suara nyaring, bass sedikit menurun, sepertinya pada putaran inilah air filter menarik banyak udara ke ruang mesin.

Untuk tarikan, benar-benar berbeda dibandingkan memakai air filter standart, jelas. Pada putaran menengah sampai atas, fu saya benar-benar menghirup udara segar begitu banyak, sehingga tidak ada power yang ditahan olehnya. Namun, satu kelemahan yang belum terselesaikan, yaitu menggunakan karburator non-vakum mungkin akan sangat membuat putaran bawah lebih responsif dan gahar. Apalagi jika ditambahkan gas spontan.

Nah, disini saya tidak mengatakan bahwa open filter itu buruk atau apalah, itu selera masing-masing fuers. Tapi, saya menyarankan menggunakan air filter aftermarket, harga relatif terjangkau dan lebih aman. Mencegah masuknya air dan benda asing pada ruang mesin. Sayangkan, kalau Fu kamu rusak cuma karena pembukaan air filter?

Ada masukkan atau kritik silahkan komentar.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

66 thoughts on “Satria F, Pakai Air Filter Aftermarket Lebih Baik”

  1. GAN ane pnya motor satria R (2T) kalo pake air filter aftermarket pasti gk bisa kemasukan debu,air,atau bnda2x asing kan?

    blsnya di FB ane aja gan nih email ane (rizki.marvel@gmail.com)

  2. klo ane pake box filter asli n saringan kertas ane sobek semua tinggal plat kasa doank..murah meriah modal tenaga doank gan,ujan2 n cuci steam juga aman..hehehe

    1. waw, tenaganya naek gan? Ia sih, tapi waktu dulu (karena sekarang udah dijual tuh motor) gak boleh rusak barang ori sama bokap gan, jadi ya apa boleh buat. ๐Ÿ™‚
      Tapi ada untungnya juga, pas dijual kembali harganya bertahan di 16 juta karena semua barang orisinil masih baik.

  3. mendingan ganti PE28 aja dulu kalo mau lebih responsif om, ane pake PE28 open filter FU ckd 2008, knalpot std non bobokan,tarikan ajib, planning sih mau pasang air filter aftermarket, tapi banyak temen sesama fuers bilang malah nahan, apalagi kalo pas hujan, kan air filternya kena air. Ya semua kembali lagi ke selera pribadi hehe ๐Ÿ™‚

    1. Saya juga pernah pake PE28, emang tarikan mantep tapi gak nyaman menurut saya buat harian. Akhirnya dijual deh 100.000. Ya mungkin kalo open itu seperti yang sudah saya bilang ditakutkan merusak komponen mesin. Soalnya, motor atau mobil balap kelas high-end pun PASTI menggunakan filter. Karena, mekanisme yang dimilikinya itu memang ‘menyedot’ angin lebih besar berbeda dengan filter biasa yang hanya menyaring kotoran doang. CMIIW.

  4. Gan, gw mau nanya apakah saring angin KOSO dan K & N mana yg lebih bagus? dan saring angin yang agan posting itu apakah ngak kemasukan air dan benda-benda asing gitu?
    di jawab di fb saya…
    @nb_dragonz@yahoo.com
    terima kasih.

    1. Sebenernya sama aja gan, karena dari model dan ukurannya juga sama. Tapi kelebihan secara spesifik ane belum begitu tau yang pasti pada putaran tinggi mesin enak banget tenaganya.

  5. GAN GW PAKE FILTER AFTRMRKT TPI KOK MALAH KLO DITARIK SPONTAN MALAH BREBET YA EMG SELANG ANGINY DISAMBUNG DMN PERLU STEL KARBU LG GA TLG DJWB MONGGO CPET YA GAN

  6. Mau sedikit berbagi pengalaman nih gan, awalnya biar motor gampang dibersihin dan kliatan ramping, ane copot box karbu dan diganti filter murahan, ternyata malah ga sesuai harapan, suara ngorok + power drop di rpm 6000an, apalagi kalo dadakan ngegas (PJ ane udah 15)..udah buka tutup ais, hasilnya sama..sampe ga pake filter jg tetep ngorok..mmm..akhirnya ane pasang tu box filter lagi..kembali normal..tapi berhubung bodi udah dibobok dan rasa penasaran yg tinggi, ane buka lg tuh box..ternyata setingan anginnya yg ga pas..ane utak-atik, puter kanan puter kiri dapet deh setingan yg pas…alhasil motor bisa jalan normal sesuai tarikan gas..nah ni hari baru nebus koso air filter (sekarang 120k di bonjer)..let’s see..apakah ni filter bisa diandelin atau ga..hehe..

    1. Wah rajin banget ni si agan otak-atik motornya, ia semoga tuh filter nambah performa soalnya begitu yg terjadi di motor saja, sebenarnya tinggal kecocokan setingannya saja sih pasti mantep. ๐Ÿ˜€

  7. Bro, pemasangannya ada kendala nggak? Soalnya itu karet filter koso bagian bawah natap ke sedikit tonjolan di bodi karbu? Ada cara buat ngakalin? Ya sekarang bisa terpasang sih, tp ya agak miring sedikit gara2 itu.

  8. Om admin..ane balik lg nih..mau kasih review sma jawab bbrpa ptnyaan temen2 di atas..
    Ane pake karbu standar (PJ 15) setingan 2,5 putaran lawan arah jam, filter koso, sama karet filter ori ane potong buat penyambung karbu sama filter.
    FYI : kalo dr karbu langsung filter pasti mentok, makanya diakalin pake karet selang filter orinya, potong di ruas blakang (panjang dr kleman karbu ke filter ยฑ 10cm) ini berfungsi selain memudahkan pemasangan, skalian ngilangin suara ngoroknya, posisi filterpun nantinya akan menghadap ke atas (arah tangki) jd jauh lebih aman dr cipratan air (sayang ane ga bisa kasih picture nya).
    Sampe sekarang ane pake loncer..aman dr ujan deres sma banjir..hehe
    Saran ane kalo mau di steam, bungkus plastik dlu gan..
    Trs isi bensin jd smpe ngeluap, soalnya turun langsung ke filter karbu di bawah tangki, otomatis pas distater pasti blebek..jd msti nunggu kering (2-3 menitan) kalo smpe kejadian.
    So far di tarikan lebih enak, bensin masih standar2 aja konsumsinya..
    Sekian laporan ane om admin..thanks

    1. Oke makasih bro untuk membantu menanggapi komentar2 sebelumya. Maaf saya tidak bisa menanggapi dengan baik karena motornya sudah laku. ๐Ÿ˜€ Tapi bakalan ada tulisan mengenai filter secepatnya. Yaitu Apexi.

  9. Brow,klo Fu ane udah pake karbu RX King masih bisa d pasang filter aftermarket gt g brow?trs kira” bkal tmbah responsif y brow?

  10. Gan ane mau pasang fillter after markek di karbu stndar fu, tapi bingung selang saluran udara yg dari mesin sama yang selang ke pair system kemana ngonekny? Mhon pencerahanya

  11. Jragan , kan sya baru pasang flter racing ,nah selang2 yg ngehub sma flter lama. Hrus d apain tuh? Klo di biarin tar kenapa2 ga?

  12. Kalau beli dalaman kaya, skep, jarum skep, pj mj,nossel yg asli sudco ada gk? Brapa harganya

  13. klo pake karbu pwk 28, bisa gk gan?
    klo masang ny box filter udara yg ori hrus di lepas apa gak?
    supaya gak mentok gt..
    mohon pencerahan nya gan..

  14. jadi box filternya di lepas atau gak gan?
    klo di lepas kan body sebelah kiri yg di dkat box filternya harus di patahin tuh, kan jdi sayang gan klo di patahin..

  15. pengalaman ane masang filter aftermarket yang model kayak turbin pesawat (entah merknya apa ,lupa..)secara tampilan sih keren.tapi setelah dipasang performa mesin kok malah drop ya?? ,rpm mentok di 6000an mbrebet” ..sempet bingung sih kirain karbunya yg ngg beres..ngg kepikiran ke filter itu.karena motor abis diservis karbu ..setelah diusut” sampai kusut :D..ternyata selang karet bawaan filter variasi itu terlalu kecil ..akibatnya udara yg masuk kurang di waktu putaran atas ..hmmm ..tpi setelah selang karet tsb dcopot ,sekarang udah joss lgi ..hehee ..

  16. gan mau tanya..penyakit FU sya selalu ngempos,,tarikan tersendat..sudh ke bengkel tp tetp ga berubah,,pake filter gak mau narik mlah mati..knpa ya gan? thank u

Comments are closed.