Pernah Melakukan 9 Kesalahan Ini Ketika Ngeblog?

Kamu mungkin sangat ingin meningkatkan trafik blog, namun ada beberapa kesalahan ngeblog yang harus kamu hindari agar bisa sukses membangun trafik. Jika kamu sampai melakukan beberapa kesalahan ini dapat dipastikan trafik yang diharapkan tidak akan pernah tercapai, malahan bisa turun.

Kesalahan Ketika Ngeblog
Kesalahan Ketika Ngeblog

  1. Kamu tidak banyak Nulis. Kamu tidak dapat membangun trafik yang solid tanpa sering menulis. Berdasarkan pengalaman pribadi, ketika saya merilis tulisan baru trafik blog ini meningkat drastis.
  2. Menulis terlalu banyak. Ini juga mungkin. Biasanya, blog yang merilis tulisan dengan jumlah banyak perhari adalah grup blog (yang memiliki banyak penulis) atau blog berita. Kalau blog kamu bukan diantaranya, sebaiknya fokuskan pada tulisan yang berkualitas dibanding kuantitas.
  3. Tulisan terlalu panjang. Pembaca biasanya malas membaca sebuah tulisan yang terlalu panjang, ditambah dengan format yang tidak rapi. Tapi kalau kamu tidak bisa menghindarinya, usahakan memiliki format yang rapi dan ‘scannable’ sehingga pembaca mudah mencari poin-poin penting dari tulisan kamu yang panjang itu.
  4. Tidak bergabung pada percakapan/diskusi. Ketika blogger tidak mengikuti percakapan atau menanggapi komentar yang ada pada blog, akan menimbulkan kesan yang kurang baik dari pembaca. Dekati, kenali dan ajak ngobrol pembaca untuk menjalin hubungan yang lebih baik, siapa tahu dia pintu rejeki kamu. πŸ™‚
  5. Konten tidak ‘accessible’. Pembaca memiliki cara sendiri untuk ‘membaca’, saya sendiri jika bertamu pada blog lain biasanya mencari hal-hal penting saja pada sebuah tulisan, Men-scroll mouse hingga menemukan bagian yang menarik untuk dibaca. Gunakan Subheads, lists atau bullets pada postingan menjadi accessible.
  6. Tidak memiliki judul yang menarik. Singkat saja. Seperti yang dikatakan Brian Clark “on average, 8 out of 10 people will read headline copy, but only 2 out of 10 will read the rest.”
  7. Parapgraf pertama buruk. Ini sangat penting. Anggap saja pengunjung telah membaca judul yang menarik dan mulai membaca tulisan itu pada paragraf pertama. Kamu harus membuat pembaca ‘masuk’ ke dalam tulisan tersebut. Mulailah dengan kata-kata yang membuat pembaca yakin bahwa tulisan ini akan berguna baginya.
  8. Tulisan tidak fokus. Untuk membangun blog bertrafik tinggi, fokuslah pada beberapa topik dan terus fokus. Ini kenapa blog ini terus membahas seputar blogging dan sedikit tentang yang lainnya, karena dari awal saya membuat image blog ini membahas seputar ‘blogging’, silahkan cek archive.
  9. Tulisan tentang kamu. Kecuali kamu seorang selebriti, pembaca tidak akan peduli tentang kamu. Pembaca hanya peduli diri mereka sendiri. Cerita pribadi hanya sebuah cemilan, namun pada akhirnya, tulisan terbaik adalah tentang apa yang pembaca butuhkan, ini hidangan utamanya.

Percayalah, menghindari beberapa kesalahan di atas akan membantu blog kamu mendapatkan trafik yang lebih baik.
Jadi, apa yang sudah kamu tulis hari ini?

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

9 thoughts on “Pernah Melakukan 9 Kesalahan Ini Ketika Ngeblog?”

  1. Saya juga bukan selebritis tapi sering banget disuruh nulis tentang diri sendiri. πŸ˜›
    Biasanya dapet dari PR Berantai; “Sebutkan 11 hal tentang diri anda…dsb…dst…dll” Klo ngga dikerjain, suka ngga enak ati. Wkwkw…

Comments are closed.