Tips Menggunakan Spotlight pada Mac

Spotlight Tips dan Trik
Spotlight Tips dan Trik

Spotlight merupakan alat untuk mencari file, aplikasi dan apapun yang berada di dalam Mac. Namun, kegunaannya tidak sampai di situ saja. Berikut akan saya bahas tips dan trik menggunakan Spotlight untuk membantu kamu agar lebih efisien dalam menggunakan Mac.

Melakukan Perhitungan

Perhitungan with Spotlight

Untuk apa ribet-ribet buka kalkulator untuk melakukan perhitungan? Menggunakan Spotlight juga bisa ternyata. Tinggal masukkan kalkulasi yang diinginkan dan WOW, hasilnya muncul. Benar-benar sederhana,bukan? Perhitungan rumit juga bisa dilakukan melalui Spotlight, seperti ‘sqrt(4)/2*(20+4)’.




Menampilkan hasil pencarian pada Finder

Kalau kamu lupa di folder mana kamu menyimpan sebuah file dan sudah mencarinya via Finder namun tidak ketemu. Carilah via Spotlight, setelah filenya ketemu, sorot lalu tekan Cmd + Enter dan Mac akan membawa kamu pada folder dimana file itu berada.

Salin atau Memindahkan File dari Hasil Pencarian

Spotlight Tips

Mau mensalin file ke Desktop, Dropbox atau lokasi lainnya? Tidak perlu ribet mencarinya via Finder. Cukup cari via Spotlight, sorot file dan tekan Cmd + C untuk mensalin atau tinggal Drag file tersebut pada lokasi yang diinginkan. Menekan tombol Command ketika mendrag akan memindahkan file tersebut, bukan mensalin. Sementara menekan tombol Command + Option ketika mendrag akan membuat alias dari file tersebut. Mudah ‘kan?

Menampilkan File’s Info dan File Path

Spotlight Tips Adnanomatic

Kalau kamu ingin melihat informasi dari sebuah file, jenis, ukuran, dan lainnya. Sorot file yang sedang kamu cari di Spotlight dan tekan Cmd + Option.

Quicklook file dari Hasil Pencarian

Ingin melihat sekilas dari file-file yang muncul di hasil pencarian? cukup mudah, tekan Command pada file yang disorot. Cara lain untuk melakukan hal ini yaitu arahkan mouse (hover) pada file yang diinginkan dan tunggu beberapa saat hingga Quicklook muncul.

Spotlight Tips Adnanomatic

Punya tips lainnya seputar Spotlight? silahkan share pada form komentar.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.