Apakah Cloud Sesuatu yang Produktif?

cloud-adnanomaticBaru-baru ini Cloud Computing sedang di gembor-gemborkan. Banyak sekali layanan penyimpanan data secara Cloud bermunculan. Seperti Dropbox, TelkomCloud, iCloud dan yang terbaru yaitu Google Drive. Nah lalu apakah Cloud benar-benar membantu dalam hal produktivitas?

Hal seru yang ditawarkan Cloud

Cloud memang sangat membantu para user saat ini. Menyimpan data di Cloud dan mengaksesnya dimana saja dan kapan saja menggunakan Tablet, Smartphone atau Laptop, selama ada koneksi internet.

Berkat kemudahannya itulah kamu juga bisa lebih produktif dalam mengerjakan tugas. Dengan semua file berada di Cloud, kamu benar-benar tidak memerlukan banyak devices, mungkin hanya menggunakan smartphone atau tablet saja kamu sudah bisa mengakses seluruh file yang sama dengan alat utama (Komputer atau Laptop) yang ada di rumah.

Kamu juga bisa memiliki suasana tempat kerja yang berbeda dan tidak itu-itu saja. Kerja sambil nongkrong di kafe? itu sangat mungkin di era Cloud.

Ketidaksempurnaan Cloud

Memang sudah hukum alam, segala sesuatu memang tidak sempurna. Begitu juga dengan Cloud, beberapa hal yang mungkin menjadi kendala untuk beralih pada era Cloud Computing adalah sebagai berikut:

Konektivitas – Secepat dan semahal apapun layanan koneksi internet kamu, pasti down di saat-saat tertentu. Apalagi bagi user yang tinggal di Indonesia, koneksi internet belum benar-benar merata dan kualitasnya masih diragukan. :p

Data Centers – File yang kamu upload ke Cloud itu berada di server seseorang yang berada pada data center seseorang. Berbelit. Lucunya adalah, kamu benar-benar tidak memiliki kontrol penuh kecuali upload dan download saja :D. Jadi, jika suatu saat data center terkena ledakan nuklir, banjir, atau gempa bumi dan semua data hilang termasuk milik kamu, dipastikan akses pada file-file terputus sudah. 😀

Kecepatan – Poin ketiga ini masih berhubungan dengan poin pertama. Meski kamu tinggal di kota dan mencari sebuah koneksi internet bukanlah perkara yang sulit, belum tentu menjamin kenyamanan kamu ber-Cloud ria. Upload-Download membutuhkan koneksi yang lumayan kencang, apalagi file-file yang di akses berukuran besar. Kalau keadaan seperti benar-benar terjadi, Cloud hanya akan membuang-buang waktu saja. Dijamin. :p

Solusinya?

Untuk beralih ke era Cloud secara penuh, saya pribadi belum berani dan belum bisa. Kendalanya yang paling utama yaitu koneksi internet yang lamban. Namun, sekarang saya menggunakan Cloud hanya sekedar untuk backup data saja. Nah, lalu gimana dengan poin kedua diatas? Tentu file asli tidak saya hapus, jadi kasarnya, file yang ada di Cloud = file yang ada di Macbook.

But, someday, i’ll only use Cloud and format my HD. Pengennya sih begitu, tapi apabila insfrastruktur keseluruhuan sudah baik dan terpercaya.

So, how about you on using a Cloud?

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.