Persiapan Sebelum Update ke Mountain Lion

Akhir Juli ini, Apple akan merilis OSX versi terbaru yaitu Mountain Lion 10.8. OSX ini berperan untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada Lion 10.7 sebelumnya. Fitur-fitur baru yang dibenamkan pada OSX ini antara lain adalah Reminders, Power Nap, Notification Centers, dan fitur lain yang terdapat pada iOS.

Oh iya, Mountain Lion di banderol $19.99 di Mac App Store. Namun bagi pengguna yang membeli Mac setelah tanggal 11 juni 2012 bisa mendapatkan OSX ini secara gratis melalui program Up-to-date.

Mac yang bisa menjalankan Mountain Lion

Pastikan Mac yang kamu gunakan masuk dalam daftar ini.

  • MacBook (Late 2008 Aluminum, or Early 2009 or newer)
  • MacBook Pro (Mid/Late 2007 or newer)
  • MacBook Air (Late 2008 or newer)
  • iMac (Mid 2007 or newer)
  • Mac mini (Early 2009 or newer)
  • Mac Pro (Early 2008 or newer)
  • Xserve (Early 2009)

Pastikan Startup Drive pada kondisi baik

Untuk mengeceknya, buka aplikasi Disk Utility, pilih drive yang dipakai sebagai startup di sebelah kiri, lalu klik Verify. Jika ada problem yang muncul segera lakukan Repair Disk.

Lakukan Backup

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan nantinya. Ada beberapa software backup yang baik seperti SuperDuper, Carbon Copy Cloner dan tentunya Time Machine. Jangan lupa untuk melakukan tes pada file backup.

Lakukan Software Update

Pastikan semuanya terupdate, jangan sampai ada yang tertinggal. Dengan begini kamu benar-benar siap menyambut Mountain Lion.

Cek Kompabilitas Aplikasi

Hal ini perlu dilakukan jika kamu seorang yang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bekerja yang belum tentu kompatibel di Mountain Lion. Kamu bisa memastikannya pada halaman ini.

Selanjutnya adalah menunggu peluncuran resmi Mountain Lion di Mac App Store. Semoga beberapa langkah diatas membantu kamu siap menyambut Mountain Lion akhir Juli nanti.

Advertisements