Mengatur Default Featured Image di WordPress menggunakan Plugin

Kebanyakan WordPress theme sekarang ini mendukung fitur featured image di dalamnya. Featured Image itu adalah sebuah gambar yang akan muncul, biasanya berbentuk thumbnails pada sebuah tulisan. Contoh langsungnya bisa kamu lihat pada tulisan-tulisan blog ini yang kadang menampilkan gambar persegi untuk mendeskripisikan isi tulisan keseluruhan. Udah ngerti kan sekarang?

Ini adalah contoh tulisan yang menggunakan featured image.featured imageTulisan lain yang tidak memiliki featured image.

featured image

Tutorial WordPress kali ini adalah bagaimana mengatur sebuah gambar yang akan tampil ketika kita tidak menggunakan featured image pada sebuah tulisan. Jadi blog kita otomatis menghasilkan sebuah gambar yang sudah kita atur sebelumnya pada tulisan-tulisan yang tidak ada featured image / thumbnails nya. Intinya sih agar blog kita terlihat lebih rapi dan konsisten untuk selalu menampilkan thumbnails.

Hal pertama, install plugin Default Featured Image. Lalu lakukan penyetingan pada halaman Settings > Media. Akan muncul tampilan seperti ini, kamu tinggal menentukan gambar apa yang akan muncul untuk menjadi sebuah default image pada tulisan yang tidak memiliki featured image.

defaut featured image

Biasanya sih gambar yang ditampilkan itu logo blog, tapi itu terserah. Selamat mencoba.

Baca juga blog gue yang lain:
WordPress membantu blog anda mendapatkan peringkat yang lebih baik
10 Plugin Efektif untuk WordPress

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.

One thought on “Mengatur Default Featured Image di WordPress menggunakan Plugin”

Comments are closed.