Mengapa harus #Ngeblog?

Mengapa harus ngeblog? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak kamu. Dulu, sebelum saya memulai blog saya juga mendapatkan pertanyaan seperti itu. Lalu saya mencari-cari di Google, mengapa harus memiliki blog? keuntungannya apa? apakah sulit membuatnya? terus hingga saya banyak menghabiskan banyak waktu tanpa ada action untuk membuat blog.

Saya akan coba bantu menjawab pertanyaan tersebut didasarkan pada pengalaman saya selama ini dalam dunia blogging. Dalam pembahasan ini juga akan disampaikan keuntungan yang didapat ketika kamu memulai sebuah blog. Selamat membaca!

Share your Passion
Memiliki passion terhadap sesuatu merupakan hal yang menyenangkan, apalagi kamu bisa berbagi kepada orang lain mengenai passion kamu itu. Ketika kamu memulai blog sesuai dengan passion, kamu akan merasa lebih nyaman dan tidak ada paksaan ketika hendak menuliskan sesuatu di blog kamu.

Bikin blog itu gampang
Blog mudah sekali dibuat dan dirawat. Hampir tidak dibutuhkan keahlian teknis dalam pembuatannya. Kecuali kalau kamu ingin lebih advance dalam mengoptimasi blog kamu. Ngeblog itu sama seperti menulis dokumen di aplikasi office, ya, memang semudah itu.

Biayanya Murah
Kamu benar-benar bisa membuat blog secara gratis, kecuali kalau kamu mau membeli domain dan hostingTapi, blog gratisan juga lebih dari cukup, yang paling utama itu kan kontennya bro. 

Bagus untuk Bisnis
Baik individu maupun organisasi, blog bisa digunakan untuk tujuan bisnis. Itu karena blog memang sangat mudah untuk dibuat dan tidak memakan biaya yang besar dalam perawatannya. Fleksibilitas blog dan keefektifannya banyak dimanfaatkan untuk menghasilkan uang.

Belajar Menulis
Sebagai seorang blogger, kamu akan sering menulis banyak hal, entah panjang atau pendek yang jelas semakin sering kamu melakukannya semakin mudah loh untuk dilakukan. Menulis adalah sebuah keahlian yang dapat ditingkatkan dengan berlatih dan banyak blogger mendapat keahlian ini dengan menjaga agar situs/blog mereka terus terupdate.

Belajar ‘mendengarkan’ Kritik
Ketika kamu mulai ngeblog, belajarlah untuk ‘mendengarkan’ apa yang diungkapkan pembaca pada kolom komentar. Itu bagus loh untuk peningkatan kualitas menulis kamu, jadi jangan sepele kan hal ini.

Belajar untuk Berkomunikasi
Belajar menulis dimulai dengan belajar untuk mengkomunikasikan pikiran kamu. Hal ini sama seperti menulis, semakin banyak kamu menerjemahkan pemikiran terhadap tulisan, maka semakin mudah kelak kamu melakukannya.

Berbagi pengalaman
Setiap orang memiliki pengalaman yang dapat mereka bagikan dan berguna bagi orang lain. Saat membuat sebuah tulisan, cobalah untuk menambahkan sedikit pengetahuan dan pengalaman kamu mengenai apa yang kamu tulis. Siapa tahu, belum banyak orang mengetahui hal itu.

Siapapun, dimanapun, bisa baca blog lu
Entah kamu ngeblog untuk pribadi atau berbisnis, satu hal yang pasti, tulisan atau produk kamu kini dapat diketahui oleh seluruh orang didunia. Ini bisa meningkatkan penjual produk kamu misalnya atau bagi blogger pribadi bisa juga nambah followernya.

Belajar ngatur waktu
Membuat sebuah konten untuk blog jelas memakan waktu. Disinilah para blogger harus belajar bagaimana menggunakan yang ada untuk dimanfaatkan sebaik mungkin, untuk membuat tulisan yang berkualitas.

Belajar nge-research
Semakin lama kamu ngeblog, semakin dalam ilmu kamu mengenai bagaimana mendapat peringkat yang baik di pencarian Google. Nah, dari sini mungkin kamu akan tergerak untuk belajar mengenai SEO, research keyword, dll.

Termotivasi 
Banyak blogger diluar sana membagikan tujuan, mimpi, progres terhadap sesuatu di blog. Saya juga melakukan hal itu, kamu bisa lihat tulisan saya mengenai resolusi 2013 disini. Dengan menulis resolusi saya, ini jelas memotivasi saya untuk mencapai target-target tersebut. Kan gengsi kalau gak tercapai sama pembaca, ya kan? 😀

Nambah Teman
Jelaslah, kamu berbagi hal menarik, unik, membantu orang banyak pasti bakalan diapresiasi dengan baik salah satunya nambah followers twitter, diundang ke pertemuan-pertemuan blogger gitu. Pokoknya awesome lah!

Just having fun
Disaat kamu merasa nyaman ketika ngeblog dan followers twitter kamu naik, itu kayak mendapat kepuasan tersendiri! Kamu juga mulai kalau ngeblog itu cuman kesenangan belaka, tanpa adanya paksaan untuk nulis konten. Saat seperti inilah kamu bisa dikatakan sebagai blogger sejati. 😀

Advertisements