Mac App: Cinch, Spectacle

Pekerjaan gue sebagai seorang freelance writer tidak lepas dari window management dimana biasanya gue membutuhkan berbagai referensi tulisan dari beberapa sumber lalu gue mix jadi satu artikel utuh. Nah, dari kebiasaan ini lah gue biasanya mengatur window editor dan sumber menjadi sebelah-sebelahan, kalau pakai mouse itu ribet karena gue harus ngatur gimana enaknya supaya seluruh tulisan sumber tetap terlihat di layar mungil 13 inci macbook gue.

Ternyata ada sebuah aplikasi bernama Cinch, jadi aplikasi ini membantu gue untuk otomatis ngebelah monitor jadi dua window yang begitu presisi, kiri editornya kanan sumbernya. Aplikasi ini gue akui memang bagus, lu tinggal drag window ke tepi monitor kiri/kanan untuk ngebuat window tersebut menjadi setengah dari layar monitor. Satu hal yang gue gak suka dari aplikasi ini adalah premium dan tetep harus pake mouse ngaturnya. Meskipun ada semacam ekspansi yang bisa dikombinasikan dengan Cinch, yaitu SizeUpTapi melihat harganya yang relatif mahal, gue urungkan untuk membeli versi full version nya.

Setelah gue mencari kesana kemari, usaha gue pun berhasil setelah gue baca sebuah review dari MakeMac. Ada aplikasi  bernama Spectacle. Setelah download beberapa detik (cie), gue install aplikasi tersebut. Sebelumnya gue disable dulu Cinch agar Spectacle bekerja optimal.

Setelah gue liat shortcut-shortcut nya, ternyata banyak banget pengaturan window nya. Sampe pusing liat shortcut nya. Tapi yang gue butuhin cuma dua, yaitu right half  dan left half. Cukup mudah, gue gak perlu pake trackpad untuk mindahin window lagi (seperti di Cinch), jadi gue tinggal pencet Command + Option + Left untuk left half dan Command + Option + Right untuk right half. Jengjeng…, jadi deh setengah-setengah tanpa harus ribet geser2 window lagi. Kadang gue juga pake Command + Option + U untuk buat windownya full screen (bukan full screen lion). Pokoknya aplikasi ini mantep bukan hanya untuk penulis, tapi programmer yang biasanya lihat hasil dan editor secara bersamaan, atau pekerjaan lain yang membutuhkan ‘contekan‘.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.