Magsafe Oh Magsafe

IMG_9050Buat yang belum tau apa itu Magsafe, adalah panggilan buat charger Macbook milik Apple. Namanya emang aneh, kenapa gak Macsafe coba? Mungkin karena terdapat komponen Magnet di konektornya jadi di singkat Magnet dan Safe nya itu mungkin karena otomatis disconnect begitu kabelnya tertarik.

Bukan itu yang mau gue bahas disini sebenarnya. Tapi lebih kepada apa yang akan lo lakukan ketika Magsafe ini rusak? Sedangkan banyak kerjaan dan tugas yang harus lo selesaikan dalam waktu dekat? Ini gue alami beberapa hari terakhir. Walau sebenarnya satu bulan ini sudah terlihat si Magsafe sudah tidak bersahabat, untuk melakukan charging konektor kudu di utek-utek dulu sampai lampu nyala menandakan charge berjalan.

Pada suatu malam ketika gue mau maen Dota2 kok lampu chargernya gak nyala-nyala. Jurus jitu sudah dilakukan aka utek-utek tapi tetep aja gak nyala. Saat itu juga gue termenung, galau, karena separuh nyawa Macbook gue melayang.

magsafe rusak
Magsafe Rusak

Mau gak mau gue harus mengeluarkan ‘sedikit’ dana untuk beli Magsafe baru. Karena gue pikir juga sudah uzur juga karena usia pemakaian lebih dari 3 tahun. Gue pergi ke TSM, tanya ke mas-mas di Infinite Magsafe 60W di banderol 1.250.000. Gue kaget setengah mati, perasaan waktu gue beli Macbook dulu harganya gak tembus 1.000.000, masih di kisaran 600.000 ~ 800.000. Pikir gue saat itu adalah karena dollar naik dan pajak tempat yang tinggi. Tapi gue salah men. Gue meluncur ke EMAX, harganya malah lebih mahal yaitu 1.300.000. Yah gue menyimpulkan bahwa harga Magsafe sudah begitu meroket sejak negara api menyerang, dengan berat hati gue beli Magsafe.

Ini jadi pelajaran buat gue sebenarnya, mungkin karena gue gak begitu apik pakenya. Gue pun saat masih nyari-nyari tips supaya Magsafe awet tahan lama minimal 5 tahun pakai lah. Karena ngeluarin duit 1.300.000/3 tahun itu lumayan juga. Belum lagi gak ada jaminan Magsafe gak akan naik harganya tahun depan. Jadi langkah gue saat ini mungkin persiapin dana cadangan buat alat-alat perang gue.

Leave a Reply