Lupa Pasang Klip Gear

Hal paling berbahaya yang pernah saya lakukan? Banyak, dan ini adalah salah satunya. Kok bisa-bisanya lupa pasang klip gear? Begini ceritanya, sewaktu saya bawa Honda Sonic saya ke Subang untuk melakukan seting dan inspeksi mesin (Sssah!), saya merasa kalau final gear yang saya gunakan terlalu berat untuk melalui rute Subang-Lembang-Bandung yang berkarakter pegunungan.

Jelas berat karena saya pakai final gear 14-30, jika dihitung menggunakan rumus ajaib hasilnya adalah 30/14=2.1 (Sangat berat). Kalau kamu gak tau kenapa hasil bagi segitu saya katakan berat, silahkan cari sendiri di Google pembahasan mengenai final gear. Lalu, karena alasan tersebut saya mengganti gear set pakai punya CS1 dengan final gear 43/14=3.0 (Enteng) yang saya tebus seharga Rp165.000 kondisi baru.

tanpaklipgear

Langsung saya bawa ke bengkel langganan, tapi sialnya mekanik tercinta gak bisa menangani penggantian gear set ini karena lagi ngurusin Mio yang lagi service karburator. Turunlah mekanik asisten, dengan cekatan dia membongkar ban belakang untuk melengserkan gear 30 mungil lansiran rajawali dari Sonic saya lalu menggantinya dengan gear 43 milik CS1. Rantai gak pake potong, tinggal pasang. Panjang rantai begitu pas karena memang wheelbase CS1 dan Honda Sonic tidak beda jauh bahkan dapat dikatakan sama.

Namun ada permasalahan saat pemasangan gear depan, mekanik bilang seret gak bisa masuk, entahlah saya gak begitu memperdulikan juga, karena gear depan tidak ada perubahan mata dan masih terhitung tebal. Jadi gear depan tidak di pasang,  tetap menggunakan gear sebelumnya dengan mata 14T. Selesai. Saya pun melakukan perjalanan ke Bandung saat itu juga.

Sesampainya di Bandung, saya bongkar body motor untuk bersih-bersih karena tadi sempat di guyur hujan. Sudah jadi kebiasaan kalo nyuci motor semua body di bongkar, sayang banget soalnya sama motor ini. Langka! Eh pas saya lagi sikat rantai dan gear depan mau di bersihin, baut penahan gear depan gak ada. Saya pikir memang seperti itu, tapi saya coba goyang-goyang gear depan dengan menariknya keluar. Eh copot!

Ya ampun, pantesan sepanjang jalan mesin berisik banget suaranya mungkin karena gear depan yang geol-geol ketika melakukan gaya sentrifugal dan membuat rantai tidak garis lurus pada porosnya. Sehingga menyebabkan putaran roda belakang seret karena rantai gak lurus dan berisik. Sialan!

klipgearSaya langsung pergi ke apotik terdekat, eh bengkel maksudnya, untuk membeli seperangkat alat penahan gear. Terdiri dari 2 mur 10 (kalo gak salah) dan satu buah klip gear milik CS1, saya tebus seharga Rp5000. Untungnya salah satu teman saya, seorang penunggang Tiger, @Jaktism, meninggalkan barang warisannya di kontrakan saya (Satu set kunci 10-lupa berapa), jadi pemasangan barang tersebut dapat selesai dengan cepat.

pasangklipgear

Coba bandingkan dengan gambar pertama tanpa klip gear, dengan kondisi gear yang sudah terpasang klip. Beda jauh kan? Tingkat keamanannya pun jauh berbeda. Untung allah masih memberi saya keselamatan, pelajaran juga agar semua komponen motor harus di inspeksi lebih dulu sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

klipgeardone

Advertisements