Menambahkan Nofollow Link Pada Menu Navigasi WordPress

nofollow-nav-menu-links-180x180Kebanyakan pemilik website lebih memilih untuk menambahkan tag nofollow pada setiap eksternal link. Alasannya adalah dengan dofollow link, itu artinya anda menambahkan SEO point terhadap halaman yang anda link-kan tersebut. Hal ini dikenal sebagai link juice. Maka dari itu kebanyakan SEO expert menyarankan untuk melakukan link pada postingan-postingan lama kamu (internal link). Saya pribadi menyarankan anda untuk lebih memperbanyak dofollow pada link internal, bukan eksternal. Kalau kurang paham, kamu bisa baca postingan saya tentang Nofollow dan Dofollow Links. Disini saya akan memperlihatkan bagaimana menambahkan tag nofollow untuk eksternal link pada navigasi menu di WordPress.

Pertama tambahkan sebuah eksternal link pada navigasi menu sama seperti ketika kamu hendak menambahkan custom link. Kamu bisa membuatnya di Appearance » Menus lalu klik link dan masukkan URL dan nama link.

Menus_‹_Abdullah_Adnan_—_WordPress

Setelah menambahkan link custom tersebut pada menu, klik pada simbol dropdown di pojok kanan atas.

Menus_‹_Abdullah_Adnan_—_WordPress

Setelah muncul, lalu klik Screen Option pada bagian atas untuk memunculkan opsi-opsi yang di hide secara default oleh WordPress. Aktifkan Link Relationship dan Link Target.

Menus_‹_Abdullah_Adnan_—_WordPress

Setelah menceklis kedua opsi tersebut. Buka kembali dropdown link eksternal yang tadi telah dibuat lalu tambahkan variabel berikut.

Menus_‹_Abdullah_Adnan_—_WordPress

Setelah semua selesai. Kamu tinggal klik save dan selesai. Eksternal link web kamu sekarang bersifat nofollow. Selamat mencoba!

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.