Mengatasi Brebet Pada Karburator PWK28

Pada tulisan sebelumnya yang membahas kembalinya si Nova Sonic, saya mengatakan bahwa performa Honda Sonic saya sedikit terganggu karena karburator PWK28 yang saya pakai brebet di putaran tengah. Nah setelah sampai di Bandung, setelah istirahat sejenak karena Jalan Bojongsoang begitu macet saya langsung membongkar karburator PWK28. Saya cek satu persatu mulai dari Pilot Jet, Main Jet, Klip Jarum Skep, dan putaran Air Screw.

Oke berikut adalah keterangan setingan yang saya gunakan:

Pilot Jet : 38
Main Jet : 110
Klip Jarum Skep : 5 (Paling bawah)
Air Screw : 1,5

Nah karena gejala brebet di tengah bisa ditarik kesimpulan bahwa pasokan bensin tersendat / kurang jadi saya berpikir bahwa ini karena pilot jet yang kekecilan. Karena stok pilot jet kosong, saya mencoba merubah setingan klip menjadi lebih irit bahan bakar dengan merubah menjadi nomor 3.

Mengatasi Brebet Karburator PWK28

FYI, setingan klip yang ada pada jarum skep karburator ini ada 5 klip. Hal ini juga bisa di gunakan untuk menyeting banyak sedikitnya bahan bakar yang di semburkan di karburator pada putaran tengah tanpa merubah PJ dan MJ. CMIIW. Berikut adalah kondisi saat posisi klep berada di tengah (nomor 3).

Mengatasi Brebet Karburator PWK28

Setelah memasang kembali karburator, si Nova Sonic ini saya coba keliling komplek dengan menggunakan RPM sedikit tinggi karena ingin mengetahui apakah gejala brebetnya masih ada pada putaran tengah atau sudah hilang. Ternyata hilang! Jadi inilah penyebabnya, klip jarum skep minta naik alhasil gejalan brebet hilang. Padahal sebelumnya saya sudah mengira kalau PJ yang kekecilan, ternyata bukan. Tetapi hal ini disebabkan oleh suplai bahan bakar yang berlebihan, dengan menaikan setelan jarum klip lah suplai BBM tadi bisa dikurangi.

Tapi masalah utama masih belum selesai, saya masih belum menemukan setingan yang pas supaya bisa langsam. Ada saran?

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.