Bore Up Honda Nova Sonic Tanpa Biaya

bore up honda sonic/cs1

FYI saya menggunakan Honda Sonic ini untuk harian, jadi performanya harus tetap terjaga dengan baik. Mengingat motor ini sudah berumur lebih dari 15 tahun, jadi saya berencana untuk melakukan bore up pada Honda Nova Sonic ini, bisa dibilang melakukan peremajaan pada bagian blok silinder agar kompresinnya tetap/lebih padat. Honda Nova Sonic ini memiliki diameter piston 58mm dan langkah 47.2mm menghasilkan volume silinder sebesar 124,xx dibulatkan menjadi 125cc. Mesin Honda Sonic cenderung overbore, sehingga power mesin didapat pada RPM atas dan mampu mencapai top speed yang tinggi. 

Nah awalnya saya ingin menaikkan diameter piston menjadi 61mm (oversize 300). Jika dihitung menggunakan rumus 3.14 x 61 x 61 x 47.2 / 4 = 137,8cc. Tapi karena beberapa pertimbangan saya memutuskan untuk melakukan oversize maksimal 200, lebih dari itu dinding silinder dan water jacket sangat tipis dan riskan jebol.

Pencarian piston dan boring sonic ternyata gak segampang yang saya kira, juga harganya lumayan mahal untuk part build up thailand. Tapi berkat usaha dan doa (asik), akhirnya ada salah seorang teman di kaskus yang juga pengguna Sonic menawarkan Piston 59.5mm (oversize 150) berikut blok yang sudah di bubut. Setelah melihat fotonya, ternyata mulus dan tanpa baret yang begitu berarti akhirnya saya deal melakukan tuker guling, eh tuker blok dengan teman saya itu. Inilah mengapa saya mengatakan bore up tanpa biaya, hanya ada biaya pemasangan saja. 😀

Blok dan Piston dikirim dari Jakarta pada hari Selasa kemarin, hari rabu sampai dengan selamat tapi sore banget sekitar pukul 17.00WIB. Jadi pemasangan dilakukan pada hari Kamis pagi.

20150326_112130

Setelah mesin dibongkar, blok, klep dan piston saya udah item penuh dengan kerak oli hasil pembakaran (lupa saya foto). Juga ada beberapa lubang baut di head yang aus, sehingga harus dilakukan Recoil. Selain itu, Klep in dan ex sudah termakan usia sehingga bibir klep udah abis karena terkikis. (lupa foto).

Montir langsung membersihkan seluruh komponen mesin terutama head, karena disinilah kunci mesin 4tak. Aseeek. Montir memberikan saya rekomendasi untuk melakukan penggantian klep baru dengan ukuran tetap, karena ditakutkan kinerja klep kurang maksimal. Tapi saya menolak, karena rencananya emang mau ganti ukuran klep 30in dan 25ex nanti. Jadi sekalian nanti aja sambil nabung dulu. 😀
20150326_112056

Nah ini dia hasilnya setelah montir membersihkan komponen mesin. Lumayan bersih dibanding sebelumnya.

bore up honda sonic/cs1

Sebelum melakukan pemasangan, saya lupa beli paking kertas bawah karena udah sobek-sobek takut rembes oli. Terpaksa meluncur ke Jl. Pungkur, ternyata hampir semua toko bahkan AHM sendiri tidak menyediakan paking CS1 (apalagi sonic). Tapi berkat usaha dan doa (lagi), akhirnya nemu part itu di Toko Sinar Oli. Sebelum perempatan pungkur sebelah kiri dengan harga Rp7.500.

20150326_114030

Setelah semuanya siap, montir langsung memasang komponen mesin satu persatu dengan rapih dan teliti. Lalu setingan karbu jelas berubah karena volume udara dan bahan bakar yang dibutuhkan lebih banyak makan karbu dibuat lebih boros (basah) dari sebelumnya. Karbu tetap menggunakan PE24 copotan Nova Dash.

Setelah motor nyala, montir test drive. Langsam ok, no brebet (lihat tips mengatasi karburator brebet disini), suara mesin halus seperti standar. Tapi nafas jadi rada panjang dari sebelumnya.

Jadi volume silinder motor saya saat ini adalah 3.14 x 59.5 x 59.5 x 47.2 / 4 = 131.2cc. Meskipun kenaikannya hanya kurang lebih 7cc tapi tenaga cukup meningkat secara signifikan, mungkin harus mengganti karburator dengan venturi lebih besar, klep, porting, dan exhaust system. Karena sistem pengapian sudah cukup mumpuni (Koil YZ125, CDI BRT Powermax) tidak perlu adanya lagi penggantian part.

*mengingat motor ini untuk harian, jadi kenaikan yang dirasakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan menemani saya pergi ngampus dan magang.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.