Hasil SERP Google Antara Mobile Dan Desktop Ternyata Berbeda

Sebelumnya saya mohon pengertiannya disini saya hanya akan menjelaskan melalui tulisan tanpa menyertakan screenshot atau apapun, bukan tidak ingin membuktikkan sesuatu tapi hal ini berkaitan dengan privasi web klien saya yang sedang saya optimasi posisi SERPnya.

Menjadi sebuah pertanyaan ketika sore tadi saya hendak mengecek posisi website klien saya dengan keyword yang sudah disepakati sebelumnya. Web ini saya bangun awal bulan Mei dengan niche -oops-, persaingan bisnisnya cukup sengit ternyata khususnya di kota Bandung. Ada beberapa bisnis serupa yang sudah melengang di halaman pertama google dengan kata kunci yang saya incar tersebut. Hal ini sebenarnya menjadi sebuah tantangan tersendiri karena saya pribadi belum begitu ahli di bidang SEO, yah sekedar belajar dasar-dasarnya saja. Tapi bisa gak bisa, bisa-in bro!

Lalu saya iseng cek Webmaster Tools nya Google, niatnya sih mau submit web baru yang sedang di optimasi buat Adsense. Setelah beres verified situs baru saya tersebut, iseng deh buka Search Analytics nya. Ternyata keyword utama web klien saya itu menjadi referrer trafik paling dominan dari search engine. Langsung saya ketik keyword tersebut di Google dan boom, muncul di halaman pertama urutan 6. Kaget! Berhasil? Menurut saya belum.

Saya clear cache dan cookies browser saya, posisi tetap berada di halaman satu Google. Jujur ada perasaan senang dan bangga, ternyata bisa menyaingi web tetangga yang sudah lama berkecimpung di bisnis tersebut.

Tapi tiba-tiba saya kepikiran buat cek SERP via mobile, disinilah muncul ketidaksesuaian. Saya mengecek menggunakan 3 handphone, iPhone 4S, Galaxy Core, dan Xperia (lupa seri). Sebagian dibantu oleh teman dan pacar. Sambil deg-degan mengetik keyword utama, klik ‘cari’ dan ternyata posisi SERPnya berada dihalaman tiga. Damn. Kok bisa? Secepat itukah SERP di Google berubah? atau ada hal lain mempengaruhi perbedaan SERP?

Beberapa jam setelah kejadian tersebut, SERP merosot ke halaman empat baik via mobile atau desktop. Kesimpulan singkat yang bisa saya ambil dari kejadian ini adalah SERP web saya belum optimal, istilahnya ‘angin-anginan’ dan masih mudah terpengaruh oleh web lain yang berebut SERP. Langkah ke depan mungkin bakalan optimasi backlink serta ngisi konten dengan keyword utama. Semoga berhasil. Semangat!

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.