Mengenal Penyebab Minyak Rem Motor Cepat Habis

Minyak rem motor habis

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik sepeda motor adalah minyak rem yang cepat habis. Bahkan, untuk kasus yang sudah parah bisa sampai mengisi ulang minyak rem seminggu sekali.  Penyebab utamanya adalah adanya kebocoran pada sejumlah titik sistem pengereman motor. Jika kamu membiarkan kebocoran tersebut, tentunya bisa berakibat fatal bagi keselamatan selama berkendara. Nah, berikut ini akan saya ulas di bagian mana saja kebocoran tersebut dapat terjadi dan cara mengatasinya.

Selang dan Nipel

Penyebab lain dari minyak rem yang cepat habis adalah selang yang rusak. Selang yang pecah atau aus bisa menjadi jalan untuk minyak rem keluar. Biasanya, rem dipastikan akan blong jika selang pecah atau aus. Di samping itu, ring pengganjal dan nipel yang aus juga bisa menjadi jalan bagi minyak rem untuk mengalir atau merembes melalui komponen tersebut.

Kampas rem

Kampas rem yang sudah tipis membutuhkan jumlah minyak rem yang lebih banyak. Jika kampas rem tipis, kamu bisa melihat jumlah minyak rem yang lebih banyak pada bagian kaliper atau kepala babi. Untuk meminimalisir penipisan kampas rem, hindari sebisa mungkin pengereman yang terlalu ekstrem.

Sil Master Rem

Sil master rem ini terletak di bagian dalam dan memiliki fungsi sebagai penekan minyak rem. Sejumlah komponen yang membentuk sil master rem diantaranya adalah per, karet, dan logam. Apabila satu atau semua komponen tersebut ada yang rusak, maka minyak rem kemungkinan besar keluar dari salah satu komponen itu. Disarankan agar kamu rutin memeriksa komponen-komponen ini agar kebocoran bisa dicegah dan diatasi dengan tepat.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.