Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir

karburator banjir

Meski saat ini hampir semua sepeda motor terbaru sudah memakai sistem injeksi, namun pengguna sepeda motor dengan karburator ternyata masih jauh lebih banyak. Karburator pada dasarnya berfungsi untuk mengkabutkan bensin ke dalam silinder. Salah satu masalah yang paling sering dialami adalah karburator banjir atau meluapnya bensin yang ada di dalamnya.

Karburator banjir disebabkan oleh valve jarum (needle valve) yang tidak tertutup dengan sempurna. Valve jarum ini berfungsi sebagai katup untuk membuka dan menutup aliran bensin yang berasal dari tanki ke karburator. Jika bensin dalam ruang pelampung berkurang, maka valve jarum akan membuka dan bensin pun bisa mengalir. Jika ruang pelampung terisi penuh oleh bensin, valve jarum akan langsung menutup saluran tersebut. Nah, jika ruang pelampung dipenuhi bensin tapi valve jarum tidak menutup sempurna, maka bensin akan meluap atau banjir. Berikut ini akan saya ulas cara mudah mengatasi karburator motor banjir.

  1. Lepas karburator dari silinder head dengan melepas kedua bautnya. Lepas juga kabel cuk dan kabel gas. Buat kamu yang masih memakai filter udara standar, lepaskan filter tersebut terlebih dulu agar lebih gampang saat melepas karburator.
  2. Setelah karburator terlepas, bongkar karburator dengan melepas empat baut di bagian bawah.
  3. Buka bagian ruang pelampung dan lepaskan pelampung dengan cara menarik keluar sindiknya. Pelampung akan terlepas bersamaan dengan valve jarum.
  4. Lakukan penyetelan dengan membengkokkan logam dudukan valve jarum ke atas (sedikit saja).
  5. Jika sudah, pasang kembali pelampung dan valve jarum lalu lakukan pengecekan dengan meniup lubang masuk selang bensin dan menggerakkan pelampung ke atas dan bawah. Pastikan valve jarum terbuka penuh saat pelampung berada di bawah dan valve jarum tertutup penuh saat posisi pelampung sejajar.
Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.