Tips Membeli Pelek Mobil Bekas

tips beli velg mobil bekas

Salah satu bagian pada mobil yang sering dimodifikasi adalah bagian kaki-kaki atau pelek. Modifikasi pada bagian pelek dianggap mampu mendongkrak tampilan mobil dengan signifikan. Namun, komponen mobil yang satu ini memiliki kisaran harga yang cukup mahal. Bagi kamu yang mempunyai budget terbatas, bisa mengakalinya dengan cara membeli pelek bekas. Sebelum membeli pelek bekas, kamu harus selalu hati-hati dalam memilihnya karena saat ini banyak sekali pelek bekas rusak yang dipoles ulang agar terlihat mulus. Nah, berikut ini akan saya ulas beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih dan membeli pelek bekas.

Cat 

Pilih pelek bekas yang masih memiliki cat asli atau bawaan pabrik. Ciri umum dari cat pabrik adalah lapisan catnya yang tipis dan terdapat garis-garis halus pada bagian bodi pelek. Banyak sekali pelek bekas yang dicat ulang untuk menutupi kondisi sebenarnya yang sudah jelek.

Bibir Belakang

Perhatikan bibir belakang pelek bekas yang akan kamu beli. Bibir belakang pelek yang masih bagus biasanya akan terlihat lempeng.

Lubang Baut

Perhatikan juga bagian lubang baut pada pelek bekas yang akan dibeli. Jika bentuk lubang baut sudah berubah, maka sebaiknya jangan dibeli karena kemungkinan besar pelek tersebut sudah pernah dimodifikasi.

Merk 

Disarankan agar kamu memilih merk pelek bekas dari Jepang atau Eropa. Beberapa merk yang direkoemndasikan untuk kamu adalah SSR, Enkei dan OZ.

Ukuran

Untuk pemakaian harian, sebaiknya kamu menaikkan ukuran pelek bekas pengganti sekitar 2 inci. Misalnya, jika ukuran pelek asli 15 inci maka kamu bisa menggantinya dengan pelek bekas berukuran 17 inci.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.