Cara Mengatasi Knalpot Motor Injeksi Berasap Putih

asap putih knalpot motor

Saat ini hampir semua sepeda motor keluaran terbaru memakai sistem injeksi karena dianggap lebih ramah lingkungan. Namun, motor injeksi ini tidak terlepas dari berbagai masalah yang cukup mengganggu seperti knalpot yang mengeluarkan asap putih. Jika kamu mengalami hal ini, maka sebaiknya jangan terlalu panik karena bisa saja penyebabnya bukan dari kerusakan pada komponen. Berikut ini akan saya ulas penyebab motor injeksi berasap putih dan cara mengatasinya.

Ring Piston Aus

Ring piston berguna untuk menjaga kerapatan antara dinding silinder dan piston. Akibat gesekan terus menerus maka ring piston lama kelamaan bisa menjadi aus dan menyebabkan oli pada kalter merembes ke ruang bakar dan kemudian ikut terbakar. Inilah yang menyebabkan keluarnya asap putih dari knalpot. Cara mengatasinya dengan langsung mengganti ring piston tersebut dengan yang baru.

Piston Baret

Pastikan oli yang digunakan motor kamu bersih dari kotoran untuk menghindari piston baret. Jika piston baret maka oli dari bak akan merembes melalui baret tersebut dan kemudian bercampur dengan bahan bakar di dalam ruang bakar. Untuk mengatasi piston baret, bisa menggantinya dengan piston yang baru. Namun jika dindingnya sudah baret juga, harus dilakukan corter/boring dan mengganti pistonnya dengan ukuran lebih besar.

Klep Bocor

Klep yang bocor bisa diakibatkan oleh penumpukan kerak di bagian bibir klep atau klep yang sudah tidak rata. Cara mengatasinya adalah dengan sekor ulang pada klep tersebut. Kamu bisa menggunakan autosol supaya tidak terlalu banyak mengikis. Selain itu, jika kamu mengganti klep baru maka bisa memakai amrile supaya lebih cepat.

Advertisements

Author: Abdullah Adnan

Passionate Writer based on Bandung, Indonesia. Tweet me on @adnanomatic.