Sandy’s Nissan Cefiro: Mobil Drift Harian

Pada suatu hari yang cerah teman saya, Sandy, punya ide untuk foto-foto mobil kesayangannya yaitu sebuah Nissan Cefiro. Mobil ini biasa dipakai oleh Sandy untuk daily drift (drift harian) di jalanan Bandung. Spesifikasi mesinnya nggak terlalu wah, open filter, DIY oil catch tank, header, dan knalpot full pipa. Tidak ketinggalan untuk membuat mobil ini bisa bermanuver drifting Sandy melakukan las terhadap diferensialnya (gardan) sehingga roda kanan dan kiri memiliki rotasi yang sama ketika belok.

IMG_0005

Sesi foto-foto ini dilakukan di kawasan Telkom University, karena kebetulan juga saya kuliah disana jadi supaya aksesnya gampang.

IMG_0012

Banyak modifikator mobil diluar sana memakai towing bar untuk sekedar variasi, tapi di mobil ini enggak tentunya. Juga untuk memudahkan oprek mesin digunakan pin hood yang terpaksa melubangi kap mesin mobil. Oh iya Towing Belt di mobilnya Sandy ini DIY loh gak beli di toko variasi. 😀

IMG_0016

Di bagian kaki-kaki velg yang digunakan adalah milik Panther Sporty. Kalau enggak salah sih spesifikasi velgnya adalah R15 dengan lebar 8 dan offset 0, jadi posisi velg keluar fender mobil. Ban yang digunakan berprofil 195/50. Oh iya velg ini begitu populer di kalangan pengguna Nissan Cefiro, karena bentuknya yang mirip TE37, spek yang mumpuni dan harga yang terjangkau.

IMG_0015

Nah biar membuka dan menutup bagasi lebih mudah Sandy menerapkan Trunk Hood yang dibuat sendiri olehnya. Menggunakan karet dan baut monel plat nomor motor. Kreatif sekali kamu bro. :p

IMG_0002

IMG_0051

Untuk mengedepankan safety, instrumen kelistrikan di pisah-pisah. Hal ini salah satunya bertujuan untuk memudahkan melacak bagian korsleting kendaraan dan ketika terjadi keadaan darurat kendaraan dapat dengan cepat dimatikan karena ada tombol cut-off baik di dalam interior maupun di luar mobil.

IMG_0048

Supaya ketika drifting sang driver tidak terbanting ke kiri dan kanan dipasang sebuah bucket seat sparco, namun hanya di bagian driver saja sedangkan passenger tetap menggunakan jok biasa. Tepat disamping pintu dipasang sidebar untuk melindungi driver ketika terjadi kecelakaan, karena beberapa bulan lalu sempat mobil ini mengikuti ajang AMF di Jakarta.

IMG_0036

Stir aftermarket dan rem tangan custom dipasang dengan tujuan memudahkan kontrol ketika hendak melakukan manuver drifting di jalanan. Edan.

Yap itu lah salah satu dari sekian banyak Nissan Cefiro drift harian yang beredar di kota Bandung. Dalam kesempatan selanjutnya mungkin saya akan menulis tentang mobil stance, street racing atau lainnya yang menurut saya menarik untuk ditulis disini. Tetep baca blog ini ya!

Advertisements