Apa Yang Membuat Honda Brio Facelift Terbaru Menarik?

Sebagai pengguna Brio yang sudah menempuh jarak lebih dari 10,000km (sekarang 35,000km) sejak tahun 2014, saya memiliki sedikit opini tentang Honda Brio Facelift yang diluncurkan oleh Honda pada April 2016 lalu pada ajang Indonesia International Motor Show. Pada acara tersebut, berikut varian yang diluncurkan oleh Honda Prospect Motor:

  • Brio Satya S
  • Brio Satya E
  • Brio Satya E CVT
  • Brio RS
  • Brio RS CVT

Ternyata Brio Sport dihilangkan dan diganti oleh Brio RS, maksudnya sih biar lebih sporty mirip-mirip dengan Jazz RS. Lalu sebenarnya apa yang membuat Brio Facelift menarik dan layak untuk dibeli?

Eksterior

honda brio terbaru facelift murahPerubahan paling signifikan pada Brio Facelift ini ada pada desain bumper dan lampu depannya. Khusus RS terdapat Sideskirts yang membuat terlihat lebih pendek dan sporty. 

Lucunya, Honda Brio Facelift ini sepintas terlihat mirip dengan Mobilio, atau memang bumper yang pakai adalah bumper Mobilio? Begitu juga lampu utamanya, mirip sekali dengan Mobilio.

Para modifikator Indonesia sebenarnya sudah menerapkan perubahan ini pada Honda Brio lama, memasang bumper dan lampu Mobilio pada Honda Brio. Serupa sih, tapi tak sama.

Interior

Image with 2012 Honda Brio

Interior Honda Brio Lama

Foto diatas adalah interior Honda Brio lama. Ventilasi AC berbentuk bulat, panel AC pun modelnya masih diputer-puter. Coba bandingkan dengan interior Brio yang baru.

interior honda brio baru facelift

Interior Honda Brio Baru (Facelift)

Menurut saya, interior yang baru jauh lebih mantap. Kesan sporty yang ingin disampaikan Honda melalui city car mungilnya ini terealisasi dengan baik. Ventilasi AC sudah berbentuk persegi panjang atau apapun itu namanya.

Satu hal yang membuat saya iri dengan Honda Brio baru adalah panel AC sudah digital. Dengan begini, Honda Brio baru terkesan lebih premium.

Jadi terlepas dari desain eksterior yang monoton (mirip Honda Mobilio) Honda Brio Facelift cukup apik dalam menggarap interiornya. Jauh lebih baik dibanding Interior pada Brio lama.

Sektor mesin nampaknya tidak jauh berbeda, sehingga tidak perlu dibahas lagi disini.

Advertisements