Fitur yang Sering Digunakan Pada Blog WordPress

Ini karena saya sering sekali blogwalking pada blog-blog tetangga. Saya merasa kok tidak ada yang berubah dari sisi fitur, dalam artian garis besar fiturnya hampir sama semua. Hal yang membedakan antara blog satu dengan blog lainnya selain konten & konsep yaitu theme nya saja. Tapi ada juga blog yang kontennya sama (kopas) dari blog sumber. Maaf jika ada yang tersinggung.

Fitur disini yaitu widget & plugin yang sering digunakan pada blog-blog ber-engine wordpress (walaupun yang bukan wordpress juga ada). Hampir semua blog wordpress menggunakannya, dari situs besar dunia seperti Techcrunch, bahkan blog yang baru-baru. Apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Top Post

Hampir ada disetiap blog ber-engine wordpress, selain berguna memperlihatkan ‘apa yang paling top di blog ini‘ juga membuat pembaca tertarik untuk membaca salah satu dari sekian top post yang ada. Keuntungannya meningkatkan pageviews, jelas.

2. Related Content

Menampilkan keterkaitan konten berdasarkan kategori, tags, yang ditampilkan disetiap akhir sebuah konten. Keuntungan yang di dapat adalah membuat pembaca terus ‘berputar-putar’ di blog kita karena setelah dia selesai membaca sebuah konten, akan tertarik membaca konten yang lainnya.

3. Kategori

Biasanya ditampilkan pada top menu / navigation menu untuk memudahkan pembaca mencari konten yang relevan dengan sebuah kategori. Selain itu, kategori juga mempermudah kita mengorganisir konten menjadi lebih rapi.

4. Gambar

Magazine themes sering sekali digunakan oleh blog-blog besar. Ini karena menampilkan banyak gambar yang biasanya pengunjung tertarik untuk membaca postingan bergambar.

Sejauh ini, 4 fitur tersebut yang sering sekali digunakan. Mungkin kedepannya akan ada fitur lain.

Artikel lainnya:

0 Replies to “Fitur yang Sering Digunakan Pada Blog WordPress”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *