Ini Bukti Kalau SSD Kencang

Sebelumnya saya pernah menulis upgrade SSD di Macbook Pro, tulisan tersebut membahas teknis pemasangan serta beberapa masalah yang saya hadapi saat pasang SSD Samsung Evo 850. Nah, setelah sekitar 2 bulan memakai SSD kecepatannya memang tidak dapat diragukan terutama kalau lagi baca-tulis kenceng banget. Salah satunya adalah ketika saya restore game paling terkenal sejagad raya (lebay) yaitu Dota2. Kebetulan saya sudah gak main game ini lebih dari 2 bulan, kangen juga sama Dazzle (nama hero Dota).

Total size Dota2 yang saya copy dari PC temen saya sekitar 14GB. Sempet bingung mau copy pake apaan karena saya pribadi gak punya flashdisk, adapun flashdisk temen kapasitasnya 16GB dan terisi sekitar 11GB. Jadi terpaksa proses pemindahan data Dota2 dua kali dengan memisah total data menjadi dua bagian, dengan opsi restore DVD di menu Steamnya (pasti ngerti kalo sering pake Steam).

Setelah data lengkap saya simpan di Desktop Macbook, terlihat seperti berikut:

Panduan restore Dota2

Folder Disk 1 dan Disk 2 adalah data Dota 2. Saya langsung buka steam dan restore data tersebut supaya menjadi game utuh di Steam saya. Karena kalo download bakalan lama. Serius.

Bukti kalau SSD kencang

Proses restore game Dota2 dengan size 14GB dibutuhkan waktu sekitar 1,3 menit doang. Kira-kira 2 menitan lah. Pengalaman saya sebelum pake HDD WD Blue 1TB di PC Game yang saya rakit sebelumnya membutuhkan waktu sekitar 13-15 menit untuk size yang sama. Tapi masalahnya saya gak punya screenshot untuk bukti otentik tulisan ini.

Tapi setelah browsing di Google, ada blog tetangga (http://deadeurvtl.blogspot.co.id/2014/08/cara-instal-dota-2-tanpa-download.html) yang membahas panduan restore Dota2 dan ada screenshot ketika proses restorenya, berikut gambarnya:

 

panduan cara restore dota2

Gambar diatas menunjukkan untuk restore 8GB data Dota2 butuh waktu cukup lama yaitu 12 menit – 13 menitan. Sedangkan SSD yang saya pakai dengan data Dota2 yang lebih besar yaitu 14GB hanya memakan waktu 1-2 menit saja. 🙂

Artikel lainnya: